MCU Kembali ke Oscar Lewat Spider-Man dan Shang-Chi

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 09 Feb 2022 15:27 WIB
Cuplikan adegan di film Spider-Man: No Way Home.
(Foto: Dok. Sony Pictures) Spider-Man: No Way Home dan Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings berhasil dinominasikan di kategori Best Visual Effects Oscar 2022.
Jakarta -

Dua film dari Marvel Cinematic Universe (MCU) kembali masuk ke daftar nominasi Oscar. Tahun ini, Spider-Man: No Way Home dan Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings berhasil mencuri perhatian The Academy hingga membuat mereka dinominasikan di kategori Best Visual Effects.

Spider-Man: No Way Home sebelumnya dinobatkan sebagai salah satu film terlaris sejak pemutarannya di bioskop Desember 2021 dan masih tayang hingga kini. Selama beberapa pekan sebelum pengumuman nominasi Oscar 2022, Sony Pictures makin gencar mempromosikan film tersebut. Sony disebut-sebut memang telah menyasar Oscar sebagai pencapaian lain dari No Way Home di luar penghasilan box office mereka yang luar biasa.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings di sisi lain merupakan sebuah film yang dianggap penting dalam sejarah MCU. Shang-Chi merupakan film live action superhero MCU pertama yang memasang tokoh utama dari Asia. Simu Liu digaet buat memerankan Shang-Chi sekaligus menjadi debutnya di layar lebar. Dampak Shang-Chi dalam hal representasi orang Asia di Hollywood pun dinilai sangat besar. Film ini juga menampilkan aktor Hong Kong legendaris Tony Leung, aktris Fala Chen, Michelle Yeoh, hingga Awkwafina.

Shang-Chi and the Legend of the Ten RingsShang-Chi and the Legend of the Ten Rings Foto: Dok. Marvel

No Way Home dan Shang-Chi menyusul dua film Avengers sebelumnya yakni Infinity War dan Endgame sebagai nominasi Oscar di kategori Best Visual Effects. Dua film MCU lain yang juga pernah ada di nominasi yang sama dalam gelaran Oscar sebelumnya antara lain Iron Man (1, 2, dan 3), The Avengers, Captain America: The Winter Soldier, Guardians of the Galaxy (1 dan 2) dan Doctor Strange.

Pencapaian terbesar Marvel Studios di Oscar sejauh ini masih dipegang oleh Black Panther. Film ini jadi satu-satunya dari Marvel Studios yang berhasil masuk ke nominasi Best Picture di Oscar 2019. Dalam gelaran di tahun yang sama, Black Panther dinominasikan ke dalam 7 nominasi dan menang di 3 nominasi yakni Best Costume Design, Best Original Score, dan Best Production Design.

Di kategori Best Visual Effects dalam ajang Oscar 2022, Spider-Man: No Way Home dan Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings punya saingan-saingan yang luar biasa. Di antaranya Dune, Free Guy, dan film James Bond No Time to Die. Buat yang sudah menyaksikan film-film yang dinominasikan dalam kategori ini pasti setuju bahwa semua punya pesona efek visual yang amat berbeda dan menonjol secara individual.

Paul Lambert, Tristan Myles, Brian Connor, dan Gerd Nefzer berhasil membuat planet Arrakis di Dune menjadi sebuah dunia berpasir yang menegangkan. Swen Gillberg, Bryan Grill, Nikos Kalaitzidis dan Dan Sudick menyajikan dunia game dalam Free Guy menjadi sebuah tontonan yang segar dan amat memanjakan mata. Ledakan-ledakan di No Time to Die di tangan Charlie Noble, Joel Green, Jonathan Fawkner, and Chris Corbould pun sangat epik sehingga setiap menit dari film berdurasi panjang ini jadi klimaks.

Academy Awards ke-94 atau Oscar 2022 akan digelar pada 27 Maret di Dolby Theatre, Amerika Serikat. Nominasi resmi dibacakan pada Selasa (8/2). Lihat nominasi lengkapnya di sini.

(aay/mau)