Film Dear Nathan: Thank You Selma Bawa Pesan Positif soal Kekerasan Seksual

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Jumat, 07 Jan 2022 11:43 WIB
Jumpa Pers Dear Nathan: Thank You Salma
Foto: Febriyantino/ detikHOT
Jakarta -

Indah Permatasari dan Ardhito Pramono memainkan karakter baru di film Dear Nathan: Thank You Salma. Film yang diadaptasi dari novel karya Erisca Febriani itu mengangkat tema kekerasan seksual.

Rupanya Indah dan Ardhito mengaku sempat menjadi korban pelecehan seksual. Untuk Indah, dia mengaku pernah mengalami pelecehan seksual ketika dirinya kecil.

Indah mengakui saat ditawari bermain Dear Nathan: Thank You Salma, dia tak berpikir panjang untuk menerima.

"Aku pernah alami pelecehan ketika kecil jadi aku connect banget sama karakter ini. Jadi pas ditawarin aku langsung jawab pengin banget. Sebenarnya ini karakter yang aku impikan, terus juga isu ini sangat dekat dengan aku, banyak teman perempuan yang curhat dilecehkan juga," kata Indah Permatasari di Gala Premier Film Dear Nathan: Thank You Salma di Epicentrum, XXI, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut Indah, film Dear Nathan menjadi refleksi penyemangat untuk penyintas untuk lebih semangat dan speak up. Termasuk pesan positif untuk para perempuan Indonesia.

"Aku paham perasaan itu, dilecehkan, nggak bisa speak up, di lingkungan juga ditutupi, aku mencoba mentransfer itu dengan baik. Seperti pesan dan bisa menjadi perwakilan rasa dari perempuan-perempuan Indonesia," ucap Indah Permatasari.

"Jadi pas tahu ini juga bahas isu itu, aku sih semangat banget. Itulah yang bikin gue pengin banget main di sini dan mau ikut bersuara," ungkap istri Arie Kriting itu.

Sementara itu, Ardhito mengaku sempat menjadi korban pelecehan seksual saat masih berusia 14 tahun. Ketika itu Ardhito masih tinggal di Australia.

Ardhito sempat speak di Twitter pada 2020 lalu. Ardhito mengalami pelecehan tersebut di kereta saat pulang sendirian ketika itu ada lelaki yang meraba tangannya dan menggodanya.

Dengan perannya di Dear Nathan sebagai Afkar, Ardhito juga ingin menyuarakan pesan positif.

"Iya film ini kan bahas soal pelecehan seksual, gue pun pernah merasakan itu saat kecil, Pelecehan nggak cuma dirasakan sama perempuan kan?," kata Ardhito dalam kesempatan yang sama.

"Jadi gue semangat banget. Jadi pas tahu ini juga bahas isu itu, aku sih semangat banget. Itulah yang bikin gue pengin banget main di sini dan mau ikut bersuara," papar Ardhito.

Dear Nathan: Thank You Salma adalah penutup dari trilogi Dear Nathan. Film hasil kolaborasi Rapi Film dan Screenplay Film itu akan tayang di bioskop mulai 13 Januari 2022.

Film Dear Nathan: Thank You Salma diperankan oleh Jefri Nichol dan Amanda Rawles. Dalam trilogi ini kisah cinta Nathan dan Salma renggang lantaran adanya perbedaan.

Salma kini menjadi yang mahasiswi sastra rupanya memilih hidup tenang dan anti huru-hara. Di sisi lain Nathan menjadi mahasiswa aktivis yang suka demo.

Dalam perjalanan cintanya, ternyata sempat renggang lantaran kemunculan Afkar yang diperankan oleh Ardhito Pramono.

Di sisi lain, teman sekelas Nathan Zanna yang diperankan Indah Permatasari, menjadi korban kekerasan seksual di kampus. Tak tinggal diam Nathan dan sahabatnya Rebecca membantu Zanna untuk membela hak-haknya sebagai penyintas lewat komunitas Love Your Self.



Simak Video "Cerita Ardhito Pramono Main Film 'Dear Nathan' Diajak Jefri Nichol"
[Gambas:Video 20detik]
(fbr/tia)