Film Dokumenter Nakes Wuhan Raih Kemenangan di Emmy Awards

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Jumat, 05 Nov 2021 08:06 WIB
Film 76 Days
Film dokumenter 76 Days. Dok. Ist
Jakarta -

Sudah pernah nonton film dokumenter China-Amerika berjudul 76 Days? Film dokumenter yang menceritakan tentang penguncian Kota Wuhan ini menangkan Emmy Awards ke-73.

Film dokumenter 76 Days merupakan Garapan Hao Wu dan Weixi Chen yang rilis pada 14 September 2020 lalu. Dengan memiliki durasi sepanjang 1 jam 33 menit, film ini berlatar belakang tentang kehidupan pada masa awal pandemic Covid-19 berlangsung. Rupanya, 76 Days dapat merebut kemenangan dalam kategori Exceptional Merit In Documentary Filmmaking di Primetime Creative Arts Emmy Awards ke-73 yang diselenggarakan pada tanggal 11 - 12 September lalu.

Film ini telah mengalahkan Dick Johnson is Dead (2020) karya Kristen Johnson dan Welcome to Chechnya (2020) milik David France. Rupanya, kemenangan dalam kategori ini menghasilkan Emmy pertama untuk MTV Documentary Films, bagian dari MTV yang dipimpin oleh Sheila Nevins, mantan presiden HBO Documentary Films.

"Tidak berharap untuk menang. Mendapatkan nominasi saja sudah cukup menjadi sebuah kehormatan. Dick Johnson is Dead dan Welcome to Chechnya lebih layak memenangkannya.

Kaki saya cukup bergetar saat mereka mengumumkan #76Days dalam #Emmys," tulis sutradara Hao Wu dalam akun resmi Twitternya, dikutip Radi China.

Proyek dokumenter yang digarap Wu ini dimulai sejak bulan Februari 2020, tak lama setelah dikabarkan bahwa Kota Wuhan diisolasi dari dunia luar.

Film tersebut menampilkan hasil dokumentasi kehidupan sehari-hari para pekerja kesehatan, pasien rumah sakit, bahkan orang-orang yang mengalami krisis di tengah kondisi pandemic Covid-19.

"Saya menjangkau lebih dari setengah proses pembuatan film yang syutingnya dimulai di Wuhan. Setelah berbicara dengan tim, saya menemui dua co-director saya. Kemudian mereka melanjutkan proses syuting, dengan berkolaborasi melalui internet," ungkap Wu dalam sebuah wawancara dengan Slate.



Simak Video "Penjelasan Kemenkes soal Penarikan Kembali Insentif Nakes"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)