Ekin Cheng: Kakak Sky si Bintang Iklan Hingga Berjaya di Film Young and Dangerous

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Sabtu, 18 Sep 2021 09:24 WIB
Ekin Cheng di dalam berbagai film.
Kisah Ekin Chen, kakak Sky dan perjalanan kariernya. Dok. Ist
Jakarta -

Aktor ternama Mandarin, Ekin Cheng memulai karirnya dari bintang iklan komersil hingga dianggap tidak becus berakting. Ia pun mendapatkan masa kejayaan dalam film Young and Dangerous.

Pria yang memiliki nama lengkap Ekin Cheng Yee-Kin ini merupakan salah satu aktor dan penyanyi ternama dalam industri Hong Kong.

Di awal karirnya, ia sempat menggunakan nama Dior. Selain itu, ia juga mendapatkan julukan nama Noodle Cheng. Akhirnya, ia kini dikenal dengan nama Ekin Cheng.

Sejak SMP, Cheng sudah memulai karirnya sebagai bintang iklan salah satu televisi komersil. Setelah lulus, ia sempat mendaftar pendidikan lanjutannya ke sekolah bela diri TVB. Tetapi, ia justru tidak menyukainya dan memutuskan untuk pindah ke sekolah akting.

Ekin Cheng di dalam berbagai film.Ekin Cheng di dalam film Future Cops (1993). Foto: Dok. Ist

Kemudian, Cheng pun mulai mendapatkan tawaran untuk berperan di sejumlah film dan serial televisi. Ia pun berhasil debut pada film pertamanya yang berjudul Girls Without Tomorrow pada 1992, sebagai Onn dengan menggunakan nama Dior Cheng.

Ia pun sempat tampil dalam film Future Cops yang diangkat dari karakter-karakter dalam game Street Fighter, di mana Ekin Cheng berperan sebagai Ken dan beradu peran dengan Andy Lau.

Pada film selanjutnya, ia menggunakan nama Ekin Cheng saat bermain dalam Young and Dangerous (1996). Film yang dibintanginya bersama Jordan Chan telah berhasil populer hingga mendapat predikat film terlaris di Hong Kong.

Berkat perannya dalam film tersebut, Cheng mendapat perhatian dari para produser dan sutradara. Karirnya dalam perfilman pun meningkat drastis dan namanya semakin terkenal.

Ia juga tidak pernah terpaku pada satu genre saja dalam bermain peran. Oleh sebab itu, Cheng yang dikenal kuat berperan dalam genre action, juga pernah bermain dalam film drama komedi.

Popularitas pria kelahiran 4 Oktober 1967 ini menurun setelah mendapatkan masa kejayaan dalam film Young and Dangerous. Sejumlah kritikan mengenai kualitas akting yang dimainkannya dianggap buruk oleh publik.

Ekin Cheng di dalam berbagai film.Ekin Cheng di dalam berbagai film. Foto: Dok. Ist

Ekin Cheng pun sempat dianggap tidak becus menjadi seorang aktor. Walaupun demikian, ia tidak patah semangat dan tetap terus berkarya hingga mencapai kesuksesannya kembali pada film Legend of Speed (1999) di mana ia berperan sebagai Sky, seorang pembalap jalanan yang merupakan anak dari pembalap legendaris yang telah pensiun.

Sosok Sky pun sangat ikonik dan begitu melekat di hati para penonton Tanah Air, hingga mereka menjulukinya sebagai Kakak Sky.



Simak Video "TNI Ungkap Adanya Oknum Baru yang Bantu Rachel Vennya Kabur Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)