Bintang Film Mandarin 90-an, Maggie Cheung Sang Kekasih Jackie Chan

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Senin, 13 Sep 2021 18:28 WIB
Penampilan Maggie Cheung dan Jackie Chan di Police Story (1985).
Maggie Cheung dan Jackie Chan di Polcie Story (1985). Dok. Ist
Jakarta -

Bagi pecinta film Mandarin tentu tidak asing dengan sosok Maggie Cheung. Aktris asal Tiongkok yang terkenal sejak tahun 90-an. Wajah cantiknya pun selalu melekat di ingatan para pecinta film aksi Jackie Chan usai menjadi lawan mainnya di Police Story.

Wanita yang memiliki nama lengkap Maggie Cheung Man-yuk telah mengawali kariernya sejak tahun 1983, dengan total peran yang pernah ia mainkan saat ini kurang lebih 70 film.

Melalui kerja keras yang telah Ia lalui itu, membuatnya menjadi sosok aktris Asia pertama yang dapat memenangkan penghargaan pada Festival Film Cannes pada tahun 2004 silam.

Sebelum terjun dalam dunia perfilman, Maggie berhasil menjadi juara dua dalam kontes Miss Hongkong dan menjadi semi-finalis Miss World pada tahun 1983. Lalu Ia pun berakting untuk pertama kalinya dalam film sekuel Police Story (1985).

Dalam film tersebut, Maggie berperan sebagai May, merupakan pacar Chan Ka Kui atau Kevin yang diperankan oleh Jackie Chan. Ia juga dikenal dengan kemampuan berbahasa asingnya yang lancar.

Dalam film lainnya yang berjudul Center Stage (1992), Maggie berperan dengan menampilkan kemampuan berbahasa Mandarin, Kanton, dan Shanghai yang sangat lancar.

[Gambas:Instagram]

Selain itu, Ia juga pernah tampil dengan berbahasa Inggris logat Britania, Prancis, Kanton, dan Mandarin dalam film Clean (2004). Selama mengikuti jalan yang menanjak dalam meraih puncak kariernya, Maggie menikah dengan sutradara asal Prancis, bernama Oliver Assayas pada tahun 1998.

Sayangnya, hubungannya itu tidak bertahan lama, Maggie dan Oliver memutuskan untuk bercerai pada tahun 2001. Walaupun demikian, hubungan mereka tetap berlanjut dengan baik.

Hal ini dibuktikan dengan raihan Maggie yang berhasil memenangkan kategori aktris terbaik dalam film Clean (2004) pada Cannes Film Festival tahun 2004 yang disutradarai oleh mantan suaminya itu.

Setelah itu, wanita kelahiran 20 September 1964 ini memutuskan untuk rehat dari dunia film. Ia menjelaskan bahwa ia merasakan sesuatu yang harus segera berakhir.

Di sisi lain, Ia menghabiskan waktu dan tenaga untuk rumah produksi, belajar film, menghadiri acara fashion, dan mengejar impiannya sebagai penyanyi.



Simak Video "Viral Video Kondisi Jackie Chan yang Kesulitan Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)