Profil Michelle Yeoh: Gagal Jadi Balerina, Sukses di Film

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Senin, 13 Sep 2021 15:48 WIB
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 24: Michelle Yeoh attends the 91st Annual Academy Awards at Hollywood and Highland on February 24, 2019 in Hollywood, California. (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)
Profil aktris Michelle Yeoh. Dok. Getty Images
Jakarta -

Michelle Yeoh dikenal sebagai salah satu aktris Mandarin yang paling populer hingga saat ini. Sejumlah film box office sempat dibintanginya dan beragam aktor ternama seperti Jackie Chan, Jet Li hingga Pierce Brosnan pernah menjadi lawan mainnya.

Wanita yang memiliki nama lengkap Tan Sri Michelle Yeoh Choo-Kheng ini lahir di Malaysia dan memulai minatnya sebagai penari balet saat usia empat tahun. Ketika menginjak umur 15 tahun, Ia bersama orang tuanya memutuskan untuk pindah ke Inggris dan mengambil jurusan balet di Royal Academy of Dance.

Namun, saat itu Ia tiba-tiba mengalami cedera tulang belakang yang membuatnya gagal menjadi penari balet profesional. Yeoh pun akhirnya memilih untuk menekuni bidang seni lainnya yaitu drama.

Karirnya dimulai saat ia berusia 20 tahun. Yeoh memenangi kontes kecantikan Miss Malaysia. Sebagai perwakilan Mayalsia, Ia juga mengikuti kontes Queen of the Pacific (1983) di Australia dan Miss World (1983) di London. Dari sana, Ia dapat tampil dalam iklan televisi bersama Jackie Chan dan menarik perhatian perusahaan produksi film Hong Kong.

Dalam dunia perfilman, Yeoh akhirnya memulai karir aktingnya dengan beraksi seni bela diri dalam Yes, Madam (1985) sebagai Inspektur Ng. Selain itu, Wanita kelahiran 6 Agustus ini juga dikenal di dunia barat berkat perannya dalam film James Bond 1997: Tomorrow Never Dies. Dalam film bela diri tersebut, Yeoh berperan sebagai Wai Lin dan dinobatkan sebagai bintang film wanita paling ngetop di negaranya.

Usai beragam film dicoba, kini Yeoh pun memiliki kesempatan juga untuk bermain menjadi cameo dalam salah satu produksi Marvel Cinematic Universe (MCU) yakni, Guardians of the Galaxy Vol.2 sebagai Aleta Ogord.

Setahun berselang ia juga bermain dalam film Asia yang terkenal berjudul Crazy Rich Asians sebagai Elanor Young dan membawanya kembali dilirik oleh rumah produksi besar Hollywood.

Ia pun ikut berperan untuk kedua kalinya dalam produksi film MCU bersama Simu Liu dan Tony Leung yang berjudul Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings sebagai Jiang Nan yang tayang pada September 2021 dan terlibat dari film Avatar 2 hingga 5.



Simak Video "Postingan Simu Liu 'Shang-Chi' di Reddit soal Pedofil Tuai Kontroversi"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)