7 Film Bernapaskan Semangat Olimpiade

Nugraha - detikHot
Senin, 02 Agu 2021 12:39 WIB
Film Susi Susanti
Foto: Laura Basuki di film Susi Susanti
Jakarta -

Ada film-film yang diangkat dari kisah Olimpiade. Dengan berlangsungnya Olimpiade Tokyo 2020, yuk lihat lagi film apa saja yang diangkat dari semangat Olimpiade.

1. Race

[Gambas:Youtube]



Olimpiade Musim Panas 1936 yang difilmkan Riefenstahl juga menjadi subjek drama Stephen Hopkins. Film ini mencatat pencapaian sprinter Afrika-Amerika Jesse Owens.

Stephan James berperan sebagai sang atlet berusia 22 tahun, yang menghadapi prasangka rasial di lingkungannya. Hal itu dialaminya sebelum memenangkan tempat di tim Olimpiade AS.

Film ini juga menyorot politik menjelang pertandingan, bagaimana Amerika Serikat mempertimbangkan untuk memboikot sebagai protes atas diskriminasi Nazi Jerman terhadap atlet kulit hitam dan Yahudi. National Association for the Advancement of Colored People juga dikisahkan menekan Owens untuk tidak ikut bertanding.

Drama itu disebut diangkat dari peristiwa nyata setelah Owens meraih empat medali emas hingga membuat Hitler marah besar.

2. Foxcatcher

[Gambas:Youtube]



Foxcatcher diangkat dari kisah nyata dari pegulat peraih medali emas Olimpiade, Mark dan David Schultz. Keduanya diperankan oleh Channing Tatum dan Mark Ruffalo.

Ada hubungan yang toxic antara keduanya dengan John du Pont yang diperankan oleh Steve Carell. Sosok du Pont adalah yang membantu keduanya buat melatih tim Olimpiade di masa depan.

Sutradara film itu adalah Bennett Miller yang atass karyanya dihadiahi penghargaan sutradara terbaik di Cannes.

3. One Day in September

[Gambas:Youtube]



Tahun 1972, Jerman berapi-api untuk menghapus memori memalukan dari pertandingan Olimpiade 1936. Rencana mereka hancur ketika Black September, sebuah kelompok ekstremis Palestina menyelinap ke kompleks Olimpiade, lalu menyandera 11 anggota delegasi Israel.

Peristiwa tragis itu juga disebut mengilhami operasi rahasia Mossad yang dirinci dalam film Steven Spielberg, Munich yang dirilis 2005.

One Day in September merupakan film dokumenter yang disutradarai oleh Kevin MacDonald.

4. Fists of Freedom

[Gambas:Youtube]



Olimpiade 1968 di Meksiko juga penuh dengan cerita di baliknya. Pesta olahraga itu digelar saat kerusuhan sipil, perang Vietnam hingga saat Meksiko sang tuan rumah terhuyung-huyung karena protes menentang korupsi.

Film ini juga mengisahkan dua atlet Amerika, Tommie Smith dan John Carlos. Dokumenter itu juga merinci perjuangan mereka hingga cerita pengalaman di Olimpiade yang penuh dengan sikap berani.

5. Susi Susanti: Love All

[Gambas:Youtube]



Susi Susanti: Love All merupakan film Indonesia yang mengangkat kisah pebulutangkis Susi Susanti. Atlet dengan segudang prestasi itu diperankan oleh Laura Basuki.

Sosoknya menjadi sensasi di dunia bulutangkis sejak masih remaja. Ia jadi atlet yang paling dicintai. Ada juga kisah tentang Susi Susanti yang meraih medali emas Olimpiade untuk Indonesia.

Kisah tersebut diangkat oleh sutradara Sim F. Daniel Mananta, Reza Hidayat, Guillaume Catala juga tercatat sebagai produser film tersebut.

6. 3 Srikandi

[Gambas:Youtube]



3 Srikandi merupakan biopik yang disutradarai oleh Iman Brotoseno. Film tersebut berkisah tentang tiga atlet panahan asal Indonesia yang berhasil meraih medali pertama di ajang Olimpiade.

Medali itu diraih di Olimpiade 1988 di Seoul. Tapi banyak cerita menarik di belakang kesuksesan mereka, terutama sebelum bertanding panahan justru berada di titik kritis.

Yana, Lilies dan Suma akhirnya mencapai puncak prestasi mereka atas didikan dari Donald. Film ini dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, Tara Basro dan Reza Rahadian.

7. I, Tonya

[Gambas:Youtube]



Figur atlet ice skating Tonya Harding diperankan oleh Margot Robbie di layar lebar. Disutradarai Craig Gillespie, Margot Robbie juga duduk sebagai salah satu produser.

Film ini dikemas dalam drama semi dokumenter komedi gelap yang menggambarkan sosok Tonya sejak kecil hingga dewasa dan tersangkut kasus hukum yang membuatnya lebih terkenal ketimbang pencapaiannya sebagai atlet.

Oscar sendiri mencatatkan film ini dalam tiga kategori memperebutkan piala di antaranya Best Supporting Actress, Best Film Editing, juga Best Actress yang menyelipkan Margot Robbie bersaing dengan Sally Hawkins ('The Shape of Water'), Frances McDormand (Three Billboards Outside Ebbing, Missouri), Saoirse Ronan ('Lady Bird'), dan Meryl Streep ('The Post').

Kisah Tonya tidak ada hubungannya dengan semangat Olimpiade, namun tetap tidak kalah menghibur.



Simak Video "Kasus Baru Melonjak! Corona Varian Delta Hantui Olimpiade Tokyo"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/dar)