Duh! Film Perempuan yang Hamil oleh Mobil Raih Penghargaan di Cannes

Asep Syaifullah - detikHot
Senin, 19 Jul 2021 19:03 WIB
Film Palme d’Or Dapatkan Penghargaan Tertinggi di Festival Film Cannes
Film Titane raih penghargaan Cannes Film Festival 2021 Foto: Istimewa
Jakarta -

Sebuah film Perancis menjadi perbincangan banyak sineas di seluruh dunia usai mendapat penghargaan tertinggi di Cannes Film Festival 2021 yakni Palme d'Or.

Film bertajuk Titane yang digarap oleh Julia Ducournau itu bercerita tentang seorang perempuan bernama Alexia yang berhubungan seks dengan sebuah mobil dan hamil setelahnya.

Perempuan tersebut memiliki perasaan terhadap mobil setelah pada masa kecilnya ia berhasil selamat dari kecelakaan mobil dan bersahabat dengan alat transportasi itu hingga remaja.

Ia pun sempat mengalami operasi otak dan setelahnya justru menjadi makin cinta dengan mobilnya itu hingga mengabaikan keluarganya sendiri.

Film aksi tersebut pun menuai respons baik dari beberapa kritikus dunia. Salah satunya Nicholas Barber dari BBC. Ia memuji film itu meski tak yakin pesan apa yang disampaikan dalam film tersebut.

"Aku tak yakin pesan apa yang ingin disampaikan oleh Titane atau kenapa Ducournau menjahit seluruhnya mulai dari seorang monster Frankenstein hingga ide-ide terpisah lainnya," tulisnya.

Pria yang memberikan empat bintang itu merasa jika sang sutradara seolah ingin membuat gabungan dari beragam genre film yang ada dan melebur semua batasan-batasan tersebut di dalam sebuah film.

Film tersebut juga mengantarkan Julia Ducournau sebagai sutradara perempuan kedua yang meraih penghargaan tertinggi di ajang tersebut.

Pada Cannes 2021 adapula film Australia yang dibintangi oleh Caleb Landry Jones, berjudul Nitram yang memperoleh penghargaan Best Performance by an Actor.

Film besutan sutradara Iran Asghar Farhadi berjudul A Hero yang meraih penghargaan Grand Prix di ajang festival ini. Film-film tersebut pun bisa disaksikan melalui KlikFilm.

"Puji Tuhan, KlikFilm. bisa menghadirkan film-film berkualitas. Saat ini kami sedang menunggu jadwal tayang internasional dari Titane, Nitram, A Hero termasuk film yang masuk nominasi Cannes 2021 yang akan tayang di KlikFilm," ujar Direktur KlikFilm, Frederica, dari keterangan resminya.



Simak Video "Batal Digelar di 2020, Cannes Film Festival Ditunda hingga Juli 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/tia)