Cerita Daniel Dae Kim Isi Suara Film Raya and the Last Dragon dari Rumah

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 02 Mar 2021 11:55 WIB
PARK CITY, UT - JANUARY 26:  Actor Daniel Dae Kim attends the Blast Beat dinner at Latinx House on January 26, 2020 in Park City, Utah.  (Photo by Mat Hayward/Getty Images for The Latinx House)
Daniel Dae Kim mengisi suara Benja dalam Raya and the Last Dragon. (Foto: Getty Images for The Latinx Hous/Mat Hayward)
Jakarta -

Daniel Dae Kim jadi salah satu aktor yang merasakan seru dan menantangnya proses rekaman suara dari rumah kala pandemi buat film animasi Disney terbaru Raya and the Last Dragon. Ada cerita lucu dari Daniel Dae Kim saat pertama kali merekam suaranya sebagai Benja.

Film animasi terbaru Disney Raya and the Last Dragon bisa dibilang jadi salah satu "produksi pandemi" dari Disney. Semua proses pengerjaan film ini dilakukan dari rumah mulai dari proses pengerjaan animasi hingga rekaman suara para aktor dan aktris pendukungnya.

Buat Daniel Dae Kim yang menyuarakan karakter Benja, ayah Raya dalam film Raya and the Last Dragon, rekaman dari rumah menjadi pengalaman seru dan baru buatnya.

"Aku bisa rekaman dari rumah tanpa pergi ke mana-mana, pakai t-shirt dan celana pendek juga bisa. Seru aja gitu karena kalau rekaman di LA atau New York kan harus ke studio dan segala macam," kata Daniel Dae Kim dalam konferensi pers Raya and the Last Dragon yang digelar Disney belum lama ini.

Daniel Dae KimDaniel Dae Kim. (Foto: dok. Instagram)

Meski asik, bukan berarti tanpa tantangan. Para aktor dan aktris pemeran Raya and the Last Dragon harus bisa membuat studio dadakan di rumah mereka demi menghasilkan kualitas rekaman yang bagus. Daniel Dae Kim pun mengaku jadi belajar satu atau dua hal soal teknis dalam proses ini.

Kalau rekaman di studio tentu aktor dan aktris tidak perlu memikirkan banyak hal kecuali materi dan naskah yang harus direkam. Tapi karena rekaman dilakukan dari rumah, mereka diharuskan memperhatikan hal-hal teknis dan kecil.

[Gambas:Youtube]


"Ya jadi aku harus memastikan pengaturan suaranya sudah benar, pengaturan videonya sudah benar, mengirim paket suara ke Disney jadi mereka bisa memprosesnya. Dan buat kami para aktor, bagaimana mengatur kondisi rumah supaya tidak ada gaung. Jadi kami benar-benar seperti orang-orang ahli konstruksi," kisah pemeran serial Good Doctor itu.

Daniel Dae Kim punya pengalaman lucu sekaligus traumatis saat rekaman dari rumah. Yaitu ketika dia mengerahkan semua energi dan juga kemampuan aktingnya dalam sebuah adegan, tapi ternyata semua audio tidak terekam sama sekali.

Hal itu terjadi ketika hari pertama rekaman di rumah. Saat itu aktor 52 tahun itu baru menyesuaikan diri dengan rutinitas barunya sebagai aktor sekaligus "teknisi rekaman" buat Raya and the Last Dragon.

"Salah satu sesi pertama yang aku lakukan dari rumah, orang-orang ini sudah tertawa seperti yang aku lihat, semua berjalan lancar. Sempat mikir, wah ternyata rekaman dari rumah seru banget ya, gitu. Sampai akhirnya 30 menit kemudian aku sadar semua yang aku rekam hilang karena aku tidak mengatur semua alat dengan baik. Padahal itu adalah rekaman terbaik yang pernah aku lakukan sepanjang proses produksi film ini," kisahnya.

Raya seeks the help of the legendary dragon, Sisu. Seeing what's become of Kumandra, Sisu commits to helping Raya fulfill her mission in reuniting the lands. Featuring Kelly Marie Tran as the voice of Raya and Awkwafina as the voice of Sisu, Walt Disney Animation Studios' Raya (kiri) dan Benja (kanan) dalam Raya and the Last Dragon. Foto: DISNEY/Disney

Hal ini kemudian ditanggapi oleh Carlos López Estrada sebagai salah satu sutradara yang tertawa ketika mengingat kejadian itu. Padahal menurut Carlos, Daniel Dae Kim sudah mengerahkan segala kemampuannya buat adegan itu. Para

"Waktu kami tahu semua rekaman hilang, aku melihat wajah Don (Hall; sutradara Raya and the Last Dragon yang lain) seperti kehilangan harapan. Itu adalah sesi rekaman terbaik Daniel dan adegan Benja paling penting. Daniel mengeluarkan semua kemampuannya, isi hatinya, buat dialog itu. Saat kami mengakhiri video call, kami menerima pesan singkat yang bilang bahwa Daniel tidak merekam apapun. Tapi akhirnya Daniel melakukannya lagi dan jauh lebih baik. Itulah yang akan kalian dengar di film," ungkap Carlos.

Tidak hanya Daniel Dae Kim, Awkwafina (Sisu) dan Kelly Marie Tran (Raya) dan pemeran Raya and the Last Dragon lainnya juga melakukan rekaman dari rumah. Awkwafina bahkan mengisi suara Sisu dari Australia saat sedang syuting salah satu film Marvel. Sementara Izaac Wang pemeran Boun melakukan sesi rekaman dari dalam lemari di rumahnya demi menghalau suara berisik.

Raya and the Last Dragon tayang di bioskop Indonesia mulai besok 3 Maret 2021.

(aay/dar)