Wawancara Eksklusif

Senyum Naga Sisu Dibilang Mirip Elsa Frozen, Awkwafina Teriak

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 24 Feb 2021 17:53 WIB
Perbandingan wajah Elsa Frozen dan Sisu Raya and the Last Dragon
Awkwafina jadi pengisi suara Sisu di Raya and the Last Dragon. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Awkwafina berteriak heboh saat mengobrol dengan detikcom soal wajah Naga Sisu di Raya and the Last Dragon yang dibilang mirip karakter Frozen, Elsa. Reaksinya benar-benar di luar dugaan.

Belum lama ini, detikcom berkesempatan mewawancarai Awkwafina yang debut dalam film animasi Disney Raya and the Last Dragon. Di sini, Awkwafina memerankan sosok Naga legendaris bernama Sisu (Sisudatu) yang telah menghilang lebih dari 500 tahun dan meninggalkan Kumandra terpecah belah.

Lalu Raya (suaranya diisi oleh Kelly Marie Tran) berusaha mencari keberadaan Sisu bermodalkan potongan Permata Naga. Dengan harapan Sisu bisa mengembalikan kedamaian Kumandra dan kepercayaan masyarakatnya terhadap satu sama lain.

Sisu punya dua wujud dalam film Raya and the Last Dragon. Wujud aslinya tentu saja Naga dan wujud yang lain adalah manusia. Awkwafina tidak memungkiri bahwa wujud manusia Sisu terlihat seperti dirinya terutama senyum dan giginya.

"Menurutku sih gigi dia (Sisu) mirip dengan gigiku. Kamu mungkin bisa nggak setuju dengan ini tapi, senyum Sisu, ya mirip senyumku," kata Awkwafina ketika mengobrol dengan detikcom dalam Press Day Raya and the Last Dragon.

Yang unik justru garis senyum Sisu saat berwujud Naga. Kalau diperhatikan, senyum Sisu mirip dengan Elsa dari film animasi Disney Frozen. Apakah Awkwafina menyadari hal tersebut?

Dalam wawancara dengan Awkwafina awal pekan ini, detikcom mencoba mencari tahu reaksi sang aktris. Di luar dugaan, Awkwafina langsung menjawab sambil berteriak.

"Aku juga bilang gitu ke diriku sendiri! Soalnya, orang selalu bilang kalau Sisu mirip seperti senyumku. Dan ini kedua kalinya ada orang yang menyebut nama Elsa!" jawab Awkwafina.

Rupanya memang, Awkwafina melihat adanya kemiripan antara senyum Sisu dalam wujud Naga dengan senyum Elsa. Terlebih ada banyak shot dalam film, trailer, dan potongan gambar yang beredar di internet yang diambil dari sisi samping yang menegaskan garis bibir dan senyum Sisu.

"Oke, aku akan terima pendapat ini. Aku suka Elsa! Tuh kan aku jadi teriak-teriak gini!" lanjutnya seraya tertawa.

Coba lihat perbandingan Naga Sisu dan Elsa di bawah ini, apakah kamu juga merasa ada kemiripan?

Perbandingan wajah Elsa Frozen dan Sisu Raya and the Last DragonPerbandingan wajah Elsa Frozen dan Sisu Raya and the Last Dragon Foto: dok. Disney

Mengisi suara Sisi merupakan pengalaman baru buat Awkwafina. Terlebih semua proses rekaman suara buat film Raya and the Last Dragon (juga pengerjaan animasinya) dilakukan selama karantina pandemi. Daniel Dae Kim (pemeran Benji, Ayah Raya) melakukan rekaman dari dalam kamar, sementara Izaac Wang (pemeran Boun) membuat ruang rekaman di dalam lemari di ruang tidurnya.

Awkwafina melakukan proses dubbing dari Australia, di sela-sela syuting film Marvel yang dibintanginya. Di sana, Disney sengaja membuat booth rekaman suara dadakan demi menghalau suara mengganggu dari luar.

Raya and the Last Dragon akan tayang di bioskop 3 Maret 2021. Film Princess Disney ini terinspirasi dari masyarakat dan budaya Asia Tenggara. Sebelum proses produksi, tim Walt Disney Animation Studios melakukan riset ke negara-negara ASEAN termasuk Indonesia.

Kamu akan menemukan banyak elemen Indonesia dalam film Raya and the Last Dragon. Seperti Keris yang jadi senjata Raya dan gaya bela diri Raya yang terinspirasi dari Pencak Silat.

(aay/doc)