Hal-hal Menarik hingga Sedih di Festival Film Indonesia 2020

Tim detikhot - detikHot
Selasa, 01 Des 2020 15:27 WIB
festival film indonesia
Foto: (dok.Festival Film Indonesia)
Jakarta -

Festival film Indonesia rutin terselenggara tiap tahunnya. Tahun ini ajang penghargaan film tersebut akan kembali digelar.

Festival Film Indonesia akan menggelar malam puncak pengumuman pemenang pada 5 Desember 2020. Sebelum sampai ke acara puncak tersebut, ajang ini telah menyeleksi sejumlah film lewat komite seleksi dan penjurian.

Dipimpin oleh Nia Dinata, ada tujuh kurator yang mengkurasi film-film yang dikompetisikan tahun ini. Film-film Indonesia yang terpilih di antaranya adalah film-film yang sudah pernah ditayangkan di Indonesia dalam periode 1 Oktober 2019 - 30 September 2020.

Baik tayang reguler di bioskop, pemutaran terbatas,
screening khusus undangan, peserta seleksi festival film dalam negeri atau tayang perdana di platform streaming (OTT) yang bisa diakses oleh publik.

Ada tujuh kurator yang terdiri dari pekerja film, akademisi dan jurnalis. Mereka adalah Nungki Kusumastuti, Prima Rusdi, Hera Diani, Makbul Mubarak, Tam Notosusanto, dan Rangga Wisesa yang melanjutkan tugas sebagai kurator seperti tahun sebelumnya.

Memperkuat nama-nama kurator tersebut, bergabung di tahun ini jurnalis senior Leila S. Chudori.

Selama 3 setengah bulan, para kurator bersama komite seleksi dan penjurian menonton 65 film yang memenuhi persyaratan pendaftaran.

Dalam pernyataan resmi, Nia Dinata mengungkapkan tema Festival Film Indonesia tahun ini di antaranya mengusung keberagaman dari film-film yang terpilih dan lolos seleksi.

"Film-film yang akan terseleksi ada perspektif keberagaman, Bhinneka Tunggal Ika. Apa yang terjadi secara sosial di Amerika pasti mempengaruhi seperti Black Lives Matter, artinya kita sebagai manusia harus menghormati manusia tidak dari warna kulit, latar belakang, agama dan etnisitasnya. Keberagaman yang kita pertajam maksudnya adalah seperti itu. Film-film yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang setara akan kami pilih," tutur Nia Dinata.

Tahun ini, dunia perfilman Tanah Air juga diwarnai duka atas meninggalnya beberapa aktor yang sebelumnya meramaikan dunia film Indonesia. Berikut sejumlah fakta dan hal menarik di balik penyelenggaraan Festival Film Indonesia tahun ini. Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Tissa Biani Bangga Didapuk Jadi Duta FFI"
[Gambas:Video 20detik]