Lebih dari Pulang Kampung, Film Mudik Kisahkan Perjalanan Spiritual Pasutri

Angga Laraspati - detikHot
Senin, 24 Agu 2020 18:33 WIB
Film mudik
Foto: Angga Laraspati
Jakarta -

Ada yang unik dibalik pembuatan cerita film 'Mudik', sang sutradara Adriyanto Dewo mengungkapkan film garapannya ini dilatarbelakangi meriahnya kegiatan lebaran dan juga pulang kampung. Tak hanya meriah, ternyata banyak cerita-cerita lain di balik mudik.

Menurut Adri, ada sisi lain saat kegiatan mudik, seperti tabrakan atau kecelakaan yang kerap terjadi dan menyebabkan beberapa nyawa melayang dan hilangnya beberapa anggota keluarga. Film yang ceritanya ditulis dari 5 tahun yang lalu tersebut merupakan kegelisahan dirinya sejak lama.

"Dari banyak input berita itu, saya kepikir untuk membuat cerita ini. Tapi gak cuma di Indonesia doang yang ada budaya mudik, ada di China, di Korea juga ada, bahkan di Amerika pun kalau Thanksgiving istilahnya juga pulang kampung," ungkap Adri dalam Virtual Press Conference Film 'Mudik' yang tayang langsung di Youtube Mola TV dan Lifelike Pictures, Senin (24/8/2020).

Lebih lanjut, Adri mengatakan dulu terpikir harus membuat film di Indonesia dengan tema mudik. Saat 5 tahun yang lalu dirinya bersama produser film 'Mudik' Perlita Desiani, saat melakukan riset untuk pertama kalinya harus menjajal daerah mudik dari Jakarta ke Yogyakarta untuk mengambil cerita apa saja yang bisa diambil selama mudik.

"Untuk skenario itu cukup lama membuatnya, karena budaya sudah mulai bergeser 5 tahun belakangan ini. Karena 5 tahun belakangan ini kita melihat mudik itu yang ramai di kereta, terus macet-macetannya lebih parah. Dari riset, kita baru mulai syuting 2018, dan 2019 itu selesai, dan sekarang dapat kesempatan untuk rilis di Indonesia," tutur Adri.

Adri menambahkan Film 'Mudik' punya kekuatan dari personalisasi dari 4 karakter di film yang kontradiktif satu sama lain. Dirinya pun menambahkan latar belakang dari cerita ini juga menarik, penonton akan diberikan pertanyaan kira-kira apa yang bakal terjadi saat 5 hari sebelum mudik lebaran.

"Memang cast-nya pun di sini, menurut aku masing-masing memainkan perannya dengan baik. Jadi buat saya itu kekuatan dari film dan juga dramanya yang berlangsung di antara 4 karakter ini," jelas Adri.

Sedikit bocoran, cerita di balik film 'Mudik' bercerita tentang Aida (Putri Ayudya) yang memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik dengan suaminya, Firman (Ibnu Jamil) ke kampung halaman sekaligus menemukan solusi untuk konflik rumah tangga yang dihadapi. Tak disangka, di tengah perjalanan mereka tak sengaja terlibat dengan kecelakaan dan merenggut nyawa suami orang lain, dari situlah drama cerita tersebut dimulai.

Di sisi lain, Co-Produser Lifelike Pictures Sheila Timothy mengatakan Film 'Mudik' menceritakan tentang perjalanan mudik yang ternyata tidak hanya sebuah perjalanan fisik saja, melainkan ada spiritual journey dari segala sisi. Jadi menurut Lala, judul 'Mudik' itu punya 2 konotasi cerita dari berbagai sisi.

"Kalau boleh cerita sedikit, Adri sebenarnya sudah share cerita ini lama banget. Menurut aku ceritanya menarik, unik dan dalem," tutur Lala.

Film yang mewakili Indonesia di Ajang Festival Film Macau di tahun 2019 ini bisa disaksikan pada 28 Agustus secara eksklusif di Mola TV.



Simak Video "Haaland 2 Gol, Dortmund Bekuk Freiburg 4-0 "
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)