Produser Ungkap Masa Kelam Brave Girls, Tampil di Panggung Militer Tak Dibayar

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 10 Apr 2021 15:49 WIB
Brave Girls
Brave Girls kenang sulitnya bisa terkenal, pernah manggung tapi tak dibayar Foto: Twitter @bravegirls_
Jakarta -

Brave Girls baru mencapai popularitas mereka setelah 5 tahun debut. Produser Brave Brothers buka suara soal masa kelam grup asuhannya itu.

Brave Sounds adalah produser musik yang lagu-lagunya populer dibawakan oleh sederet grup seperti SISTAR hingga AOA. Tidak sedikit lagu ciptaannya bertengger di tangga musik. Namun, ketika mendebutkan grup di bawah manajemennya sendiri, Brave Sounds ternyata cukup berdarah-darah membuat mereka terkenal.

Brave Girls adalah contohnya. Bahkan grup yang beranggotakan Minyoung, Yujeong, Eunji, dan Yuna itu tampil di panggung-panggung militer tanpa dibayar. Beruntung dari panggung itulah nama mereka kini populer dan lagu Rollin jadi sleeper hits lain di industri musik K-Pop setelah Up and Down milik EXID.

"Saat masih tidak ada yang tahu Brave Girls, aku sering berpikir di mana salahku? Aku merasa berdosa dan tidak sanggup melihat wajah para member," katanya dalam sebuah kesempatan di acara I Live Alone MBC belum lama ini.

Sebagai produser, Brave Sounds melakukan banyak hal buat mengusahakan popularitas grup asuhannya. Bahkan rela menunggu berjam-jam untuk bisa bertemu dengan perwakilan dari stasiun televisi. Tak dipungkiri dia juga menangis dan terluka.

Jarang bisa tampil di TV, Brave Girls malah sering tampil di panggung militer untuk menghibur para tentara yang sedang menjalani wajib militer. Meski tidak dibayar, Brave Sounds memilih mengantarkan Brave Girls ke sana karena setidaknya para tentara memberi reaksi heboh pada penampilan grup tersebut.

"Aku sering kecewa, kenapa publik tidak mengenali mereka? Karena para tentara berteriak ketika menyaksikan mereka itulah kita bisa dapat panggung meski tidak dapat uang," curhatnya.

Empat tahun berlalu sejak perilisan lagu Rollin dan gonta-ganti member, akhirnya di penghujung tahun 2020 lagu tersebut menjadi viral. Kini lagu Rollin milik Brave Girls berhadap-hadapan dengan lagu IU di chart musik. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah karier mereka, Brave Girls mendapat sertifikasi Perfect All Kill.

Brave Girls meroket namanya karena sebuah video YouTube yang viral seorang YouTuber menunjukkan popularitas Brave Girls di kalangan para prajurit militer Korea Selatan. The Korea Herald menulis, Brave Girls bahkan mendapat julukan 'Presiden Para Prajurit' karena popularitas mereka di kalangan pria-pria yang tengah wajib militer.

Ada kalanya memang para prajurit militer di masa senggang mereka didatangi oleh idola K-Pop yang tampil buat memberikan semangat. Brave Girls sendiri terbilang populer di kalangan prajurit tentara Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Terlihat dari sebuah video reaksi para tentara ketika menonton Brave Girls. Mereka juga hapal lagu Rollin!

Fenomena popularitas Brave Girls yang viral di kalangan prajurit militer ini kemudian dikenal dengan nama Millboard (Militer + Billboard). Berkat teriakan-teriakan antusias para prajurit militer itulah akhirnya Brave Girls kini bisa meraih piala pertama mereka di acara musik TV sejak Minyoung, Yujeong, Eunji, dan Yuna (juga Hayun pada saat ini, kini Hayun sudah bukan lagi member Brave Girls sejak 2018) merilis Rollin di 2017.



Simak Video "K-Talk Ep 78: Temu Kangen Bareng 'Highlight'"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/pus)