Alternatif Platform Streaming Selain Spotify untuk Nikmati Lagu K-Pop

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 01 Mar 2021 15:38 WIB
Teaser foto IU Celebrity
Lagu-lagu K-Pop hilang di Spotify. Lalu harus dengarkan di mana? (Foto: dok. EDAM)
Jakarta -

Ratusan lagu K-Pop menghilang di Spotify sejak hari ini Senin (1/3/2021). Terutama lagu-lagu yang didistribusikan oleh Kakao M.

Seperti diketahui, Kakao M adalah distributor lagu-lagu K-Pop populer yang menaungi banyak sekali nama besar seperti IU, Zico, SEVENTEEN, NU'EST, MAMAMOO, Sunmi, THE BOYZ, PENTAGON, VIXX, ASTRO, Epik High, CL, GFRIEND, MONSTA X, Apink, (G)I-DLE, LOONA, SF9, 4Minute, MOMOLAND, VICTON, Lovelyz, CNBLUE, KARD dan banyak lagi.

Kini lagu-lagu dari artis tersebut musnah di Spotify, terkait berakhirnya kontrak lisensi distribusi antara Kakao M dan Spotify sejak 28 Februari 2021.

Lalu kalau mau mendengarkan lagu K-Pop harus ke mana?

1. YouTube

[Gambas:Youtube]


Sepanjang satu dekade terakhir, YouTube adalah platform wajib yang dikunjungi fans (terutama fans luar Korea). Jumlah penonton YouTube pada perilisan video musik K-Pop belakangan jadi prestise tersendiri buat artis. Makanya nggak heran setiap kali MV K-Pop dari artis tertentu meraih 100 juta penonton, 300 juta penonton, atau kalau BLACKPINK sudah tembus 1 miliar penonton, selalu dirayakan oleh fans.

Kamu masih tetap bisa mendengarkan title track dari grup K-Pop favorit kamu di YouTube. Beruntung kalau manajemen merilis video resmi buat lagu-lagu b-side track mereka.

Memang sih, ada juga akun-akun YouTube yang mengunggah lagu-lagu K-Pop secara ilegal di sana. Meski tentu itu bukan pilihan buat didengarkan kalau kamu termasuk fans yang bijak.

Kelebihan streaming di YouTube tentu saja kamu bisa menambah view dari MV lagu yang kamu dengarkan, terlebih bisa diakses gratis. Tapi harus rela juga mendengarkan iklan kalau tidak mau berlangganan akun premium.

2. YouTube Music

[Gambas:Youtube]


Kalau kamu nggak suka iklan, kamu bisa langganan akun YouTube Premium yang secara otomatis memberi kamu akses ke YouTube Music. Koleksi lagu di YouTube Music sudah sangat lengkap. Bahkan ada lagu-lagu yang tidak disediakan di Spotify bisa kamu akses secara legal di YouTube musik (misalnya album Last Fantasy milik IU, sejak lagu-lagu IU dirilis di Spotify album ini tidak pernah ada hingga beberapa album IU dihapus di Spotify per 1 Maret 2021).

Seperti Spotify, kamu bisa mendengarkan lagu di YouTube Music sambil menggunakan handphone buat browsing, scrolling Instagram, main Twitter, dan balas-balas chat. Kamu juga bisa mengunduh lagu-lagu yang ingin kamu dengarkan tanpa koneksi internet.

Langganan YouTube Music (+ YouTube Premium) sekitar Rp 89 ribu (belum pajak) per bulan dan bisa bikin family dengan teman-teman berlima biar bayarnya lebih terjangkau.

3. JOOX

Tangkapan layar JOOX via webTangkapan layar JOOX via web Foto: dok. detikcom

JOOX nggak bisa dilepaskan dari K-Pop juga. Partnership JOOX dengan Mnet malah membuat platform streaming ini menayangkan acara Mnet Asian Music Awards dengan subtitle realtime berbasis AI. Koleksi K-Pop di JOOX tidak kalah lengkap dan aplikasinya juga punya banyak fitur selain streaming seperti karaoke misalnya.

Mendengarkan lagu di JOOX bisa tanpa berlangganan. Namun kalau mau VIP pun lebih nyaman karena bebas iklan. JOOX menawarkan fitur sharing 1 lagu buat dapat VIP 1 hari. Bisa dimanfaatkan buat kamu yang ogah mengeluarkan duit lebih.

JOOX juga bisa didengarkan di web.

4. Apple Music

Tangkapan layar Apple MusicTangkapan layar Apple Music Foto: dok. detikcom

Eksklusif buat pengguna produk Apple, kamu juga masih bisa mendengarkan K-Pop di Apple Music. Lagu-lagu yang hilang di Spotify masih bisa dinikmati seperti lagu terbaru Epik High Rosario, album Love Poem milik IU, hingga lagu-lagu MAMAMOO tetap bisa didengarkan di sana.

(aay/doc)