Kata Ustaz: Rumah Kotor Jadi Penghalang Rezeki Datang

ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Rumah Kotor Jadi Penghalang Rezeki Datang

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 01 Des 2022 06:10 WIB
Ustaz Syam alami selip lidah sat ceramah
Ustaz SYam bicara soal penghalang rezeki datang. Foto: dok. Instagram Ustaz Syam
Jakarta -

Siapa yang tak mengharap rezeki. Ternyata rumah kotor bisa jadi penghalang datangnya rezeki.

Rumah yang di dalamnya kotor membuat malaikat rahmat tak mau masuk ke dalam rumah. Kata Ustaz mengambil nasihat Ustaz Syam Elmarusy soal penghalang rezeki untuk rumah tangga.

Rumah yang dimaksud di sini bukan hanya rumah secara fisik. Akan tetapi, hati juga sebagai 'rumah'. Hati yang kotor juga bisa menjadi penghalang datangnya rezeki dalam rumah tangga.

Berikut penjelasan lengkap Ustaz Syam Elmarusy:

Sesuatu selanjutnya yang bisa menghambat rezeki kita di rumah adalah kotornya rumah tersebut. Kenapa kotornya rumah tersebut? Karena ulama mengibaratkan bahwasannya malaikat pernah tak mau masuk ke dalam rumah Nabi SAW disebabkan karena apa? Karena disebabkan ada seekor anjing di dalam rumah tersebut yang dibawa oleh cucu Nabi SAW, ada anak anjing kecil.

Pada saat Jibril mau masuk ke dalam rumah Nabi, Nabi melihat kenapa Jibril nggak mau masuk nih? Ternyata apa yang terjadi, Jibril tak mau masuk karena ada seekor anak anjing di dalam rumah Nabi SAW. Maka Nabi SAW mengeluarkan anak anjing tersebut, barulah Jibril mau masuk ke dalam rumah Nabi SAW.

Maka subhanallah, bukan karena anjingnya, bukan karena seekor anjing tadi malaikat tak mau masuk. Tapi karena sifat kotor yang dibawa anjing tersebut maka malaikat Jibril tidak mau masuk ke dalam rumah orang yang ada kotor di dalam rumahnya.

Kalau misalnya binatangnya bukan anjing ustaz? Kalau misalnya binatangnya kucing, kucing kan bersih nggak najis. Tapi kotorannya najis, kalau kucingnya buang air sembarangan juga malaikat tak mau masuk.

Sekarang tidak ada binatang ustaz, kita tidak pelihara anjing, tidak pelihara kucing, apakah malaikat masuk? Tapi ternyata sarang laba-laba di mana-mana tak pernah dibersihkan, subhanallah itu juga membuat malaikat tak mau masuk ke rumah.

Maka segala kotoran yang membuat, yakni rumah ini tidak bersih, rumah ini tidak wangi, itu membuat malaikat rahmat tidak mau masuk ke dalam rumah seseorang. Itu pertama.

Lalu dijelaskan lagi lebih luas lagi oleh Imam Al Ghazali, ternyata rumah itu bukan hanya yang kita tempati untuk tidur. Tapi hati kita ini rumah. Maka hati yang kotor tidak akan pernah dimasuki malaikat.

Rumah bersih, apakah serta-merta malaikat masuk? Masuk ke dalam rumahnya, tapi malaikat tidak masuk ke dalam hatinya. Maka hati juga harus dibersihkan.

Rezeki itu bisa datang ke rumah yang bersih, tapi rezeki juga tak mau datang kepada hati yang kotor, isinya cuma iri dan dengki, isinya hanya zalim, isinya hanya merasa lebih baik dari orang lain. Imam Al Aghazali menambahkan, jangan sibuk membersihkan rumah secara fisiknya, tapi hati yang menjadi rumahnya ilmu, rumahnya baik sangka, rumahnya rahmat Allah SWT tidak pernah dibersihkan, sehingga rahmatnya Allah tidak mau masuk ke dalam orang tersebut.

Maka banyak orang terlihat rezekinya banyak, uangnya banyak, tapi tak pernah merasa cukup. Kenapa? Yang kotor bukan rumahnya, tapi hatinya. Banyak kita lihat subhanallah gajinya lancar, gajinya berpuluh-puluh kali lipat dari orang lain, tapi terlihat tak pernah merasa bahagia dan cukup.

Itu bukan rumah fisiknya yang kotor, tapi rumah hatinya yang kotor. Isinya hanya iri dengki, tidak ada rasa syukur, tidak ada rasa berterima kasih kepada Allah SWT, apalagi menghargai atau mensyukuri pekerjaan orang lain. Rumah hatinya yang kotor.

Dua pelajaran, secara fisik memang malaikat tak mau masuk, maka tidak akan didoakan rumah yang ada kotoran di dalamnya. Hati itu juga rumah, bukan cuma sibuk membersihkan rumah secara fisik, tapi rumah secara batin.



Simak Video "Perbedaan Gaji dengan Rezeki"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT