Kata Ustaz: Di Balik Musibah Ada 3 Pesan Titipan Allah SWT

ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Di Balik Musibah Ada 3 Pesan Titipan Allah SWT

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 30 Nov 2022 06:06 WIB
Ustaz Hilman Fauzi
Ustaz Hilman Fauzi. Foto: dok. Pribadi
Jakarta -

Gempa Cianjur menjadi musibah yang mengundang pilu. Duka mendalam terasa oleh semua yang melihat imbas dari bencana tersebut.

Korban luka dan jiwa, banyak yang tempat tinggalnya hancur, dan kehilangan keluarga, adalah berbagai kesedihan yang dirasakan. Kata Ustaz mengambil nasihat Ustaz Hilman Fauzi, ternyata ada pesan dari Allah SWT.

Berikut penjelasan lengkap Ustaz Hilman Fauzi:

Ada 3 pesan cinta yang Allah sedang titipkan kepada kita yang sedang diuji.

Pertama, ujian atau musibah itu adalah cara Allah untuk meningkatkan derajat kita. Cara Allah menghadirkan kebaikan kita. Rasulullah SAW bersabda 'Barangsiapa yang diinginkan oleh Allah kebaikan dalam dirinya. Yusibaminhu, maka Allah akan hadirkan musibah kepadanya.'

Kenapa? Karena Allah SWT menginginkan orang ini ketika diberikan musibah ini, diberikan ujian, naik kelas, naik derajat karena ujian yang dihadirkan.

Kedua, ujian itu adalah cara kita untuk dikuatkan dalam kehidupan. Satu kali, Al Imam Syafii Rahimahullah pernah ditanya oleh seseorang, 'Mana yang kau pilih, antara dikuatkan atau diberi ujian?' Maka Imam Syafii kemudian menjawab, 'Aku memilih diberikan ujian, kenapa? Seseorang itu tidak mungkin akan dikuatkan sebelum dia diberikan ujian.

Artinya kalau kita ingin menjadi pribadi yang lebih kuat, menjadi pribadi yang lebih tangguh, berarti kita harus menghadapi ujian-ujian itu.

Dan yang ketiga pesan cintanya di balik ujian itu ada cara Allah SWT menghapus dosa-dosa kita. Ada cara Allah SWT menghapuskan setiap kesalahan kita.

Maka sikapnya apa? Rida. Sikapnya apa? Terima. Ingat! Barang siapa yang bisa menerima dengan rida maka ada keridaan Allah di situ.

Dalam akun Instagramnya @ahilmanfauzi juga memberikan tulisan 'Ujian Sebenarnya'.

Ujian itu pesan cinta dari Allah untuk hambanya.

1. Agar hambanya naik derajat,
2. Agar hambanya kembali taat,
3. Agar hambanya segera bertobat.

Sikapnya rida menerimanya, ikhlas menjalaninya, semoga Allah
berikan kekuatan di dalamnya.

Kita berduka karena saudara kita tertimpa gempa.

Bencana bukan hanya ujian bagi yang tertimpa untuk sabar, tapi juga ujian untuk kita yang tidak tertimpa. Apakah kita peka dan peduli dengan mereka?

Hadirkan kepeduliaan kita untuk mereka agar Allah semakin mencintai kita.

Ya Allah Ya Haadi Yaa Qowiiy
Lembutkan hati kami yang ditimpa musibah. Tenangkan perasaan kami yang dikasih musibah. Kuatkan tubuh kami yang diberi musibah. Berikan hikmah atas setiap musibah.

Aamiin Ya Allah.



Simak Video "Warganet Bagikan Momen Cianjur Diguncang Gempa M 4,3"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT