Kata Ustaz: Bolehkah Anak Tagih Utang ke Orang Tua?

ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Bolehkah Anak Tagih Utang ke Orang Tua?

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 29 Nov 2022 06:00 WIB
Habib Muhammad Syahab
Habib Muhammad Syahab. Foto: dok. Capture Islam Itu Indah
Jakarta -

Utang adalah sesuatu yang harus diselesaikan. Namun, bagaimana kalau orang tua berutang pada anak?

Anak menagih utang pada orang tua, ada rasa khawatir. 'Dimana rasa hormatmu sebagai anak? Orang tua membesarkanmu tanpa perhitungan, saat mereka berutang tega menagihnya?'

Kata Ustaz mengutip nasihat dari Habib Muhammad Syahab dalam Islam Itu Indah. Ada dua pendapat mengenai masalah menagih utang pada orang tua.

Berikut penjelasan lengkap Habib Muhammad Syahab:

Orang tua berutang sama anak boleh atau tidak? Kedua, anak menagih sama orang tua. Banyak terjadi di masyarakat ada juga antara orang tua ke anak atau anak sama orang tua.

Ada dua pendapat, pendapat yang pertama mayoritas ulama artinya boleh nggak sih anak menagih? Bukan masalah orang tua ini sudah memelihara anak, jasanya orang tua, sudah jelas. Tapi kalau akad pertamanya utang, bagaimana sih anak boleh atau nggak menagih ke orang tuanya dan si anak lagi butuh? Kecuali si anak lagi nggak butuh. Maka boleh bagi si anak untuk menagih kepada orang tua, kalau memang kepepet kalau membutuhkan.

Tetap para ulama mengatakan beda dong cara menagihnya, nggak harus pakai orang, suruh orang, atau dengan kalimat kasar, sampai memenjarakan, itu tidak sangat dianjurkan.

Kedua, dalam bahasa fiqihnya, boleh apa bila orang tua ibu atau ayah pinjam sama anaknya, sesungguhnya bagi seorang anak boleh menagihnya. Berbeda dengan mazhab Imam Hanafi. Mazhab Imam Hanafi yang berbeda di sini. Kenapa? Boleh bagi si anak untuk menagih seperti hukum utang-utang sama yang lain. Tapi berkata dalam mazhab Imam Hanafi, tidak boleh ditagih berdasarkan hadis kau dan hartamu adalah milik ayahmu.



Simak Video "Utang yang Capai Rp 7.773 T, Sri Mulyani Pede RI Mampu Bayar"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT