Kata Ustaz: Yakin Benar? Ada 6 yang Wajib Dilakukan saat Wudhu

ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Yakin Benar? Ada 6 yang Wajib Dilakukan saat Wudhu

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 14 Sep 2022 06:32 WIB
Ilustrasi wudhu
Tata cara wudhu. Foto: Getty Images/iStockphoto/Aryo Hadi
Jakarta -

Video Nagita Slavina wudhu heboh jadi pembicaraan. Netizen menilai banyak kekeliruan saat istri Raffi Ahmad itu berwudhu.

Netizen menilai Nagita Slavina dinilai tidak melakukan wudhu dengan baik dan benar. Apakah tuduhan itu benar adanya?

Kata Ustaz kali ini mengambil penjelasan Habib Muhammad bin Syahab dan Ustaz Syam Elmarusy dalam tata cara wudhu. Ternyata ada enam yang wajib dilakukan dalam wudhu dan di luar dari enam itu adalah sunnah.

Berikut penjelasan lengkap dan tata cara melakukannya.

Habib Muhammad bin Syahab menjelaskan:

Wudhu ini wasilah, jembatan untuk kita melakukan salat. Jadi anggota wudhu, wudhu yang wajib kita lakukan, di luar ini sunnah. Yang wajib ada enam. Empat diambil dari pada Al Quran, dua diambil dari pada sunnah Nabi.

Dari Al Quran, maka cucilah kalian punya muka, bukan mengusap, itu yang pertama. Kemudian mencuci tangan, bukan mengusap tangan dari ujung tangan sampai sikut.

Mengusap kepala, kepala diusap bukan dicuci. Maka selanjutnya Allah katakan tidak mengikuti kepala. Cucilah kau punya kaki, kaki dicuci bukan diusap. Yang diusap hanya kepala.

Yang dua dari apa yang dilakukan dari Rasulullah, pertama niat. Kedua, tertib.

Jadi anggota wudhu yang wajib dilakukan ada enam, susunannya yang pertama niat, kedua mencuci muka, ketiga mencuci tangan sampai dengan sikutnya, yang keempat mengusap kepala, kelima mencuci kaki sampai mata kaki, keenam tertib. tertibnya itu jangan cuci muka dulu baru niat dulu.

Tata cara niat bagaimana, yang wajib itu di dalam hati dan yang sunnah itu diucapkan. Niatnya dalam Imam Syafi'i di sunnahkan melafazkan, dilihat dulu ada kamar mandi tempat buang air besarnya nggak. Kalau ada kamar mandi buat buang air besarnya maka makruh kita melafazkan, jadi langsung aja dalam hati.

Di halaman selanjutnya ada tata cara gerakan wudhu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT