ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: 3 Golongan yang Salatnya Ditolak

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 28 Jun 2022 06:00 WIB
Jadwal sholat penting untuk diketahui agar dapat melaksanakan ibadah tepat waktu. Salat fardu merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan setiap umat Muslim.
Ada 3 golongan yang salatnya ditolak Allah SWT. Foto: Getty Images/iStockphoto/mustafagull
Jakarta -

Salat 5 waktu adalah kewajiban untuk umat Islam yang harus dikerjakan. Tapi, hati-hati ada 3 golongan atau orang yang ibadahnya tak diterima.

Kata Ustaz kali ini mengutip penjelasan Ustaz Maulana, ustaz Agus Hendra, dan Ustazah Oki Setiana Dewi. Ketiganya menjelaskan 3 golongan yang salatnya tak diterima oleh Allah SWT.

Berikut penjelasan dari Ustaz Maulana, Ustaz Agus Hendra, dan Ustazah Oki Setiana Dewi:

Ustaz Maulana

3 orang, tiga golongan yang salatnya ditolak. Siapa itu?

Pertama, seseorang yang jadi imam, tapi makmumnya nggak suka dia. Jangan coba-coba jadi imam salat kalau makmum nggak suka kamu.

Makanya kalau jadi imam ada 3 syarat, tahu ilmunya, bagus akhlaknya, tahu keadaan kaumnya, makanya disenangi. Kalau orang salat dibenci oleh makmumnya, maka hukum salatnya jadi makruh, cacat, kurang pahalanya. Makanya berusahalah jadi imam kalau memang disenangi. Tahu diri.

Kalau ada imam yang resek, senang nggak di belakang? Enaknya itu tunjuk imam yang disukai oleh jamaahnya. Pengurus masjid ayo tidak ada salahnya pengurus masjid mengadakan pemilihan imam. Jadi ada kompak.

Orang yang jadi imam lantas dibenci makmumnya, maka pahalanya tidak naik melewati telinganya. Imam tersebut melakukan hal-hal yang tak pantas makanya orang nggak suka.

Maaf-maaf imamnya masih melakukan hal-hal yang makruh apalagi dilarang agama.Ya Allah rese banget sih, orang-orang yang senantiasa punya kebiasaan buruk dan dibawa jadi imam, itu orang jadi benci.

Ketahuilah orang-orang yang zalim, ada imam yang zalim, pemimpin yang zalim, tidak bisa. Termasuk yang memaksakan diri jadi imam. Tidak boleh begitu. Orang tidak pantas jadi imam bila tak bisa menjaga kesucian dirinya.

Selanjutnya, golongan kedua yang salatnnya ditolak.



Simak Video "Ibunda Chairul Tanjung dalam Kenangan Ustaz Maulana "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT