ADVERTISEMENT

Cinta Laura soal Pelecehan Seksual: Kenapa Biarkan Pelaku Lolos Tanpa Hukuman?

prih prawesti febriani - detikHot
Jumat, 24 Jun 2022 12:04 WIB
Cinta Laura
Cinta Laura soal Pelecehan Seksual: Kenapa Biarkan Pelaku Lolos Tanpa Hukuman? (Foto: Instagram @claurakiehl)
Jakarta -

Cinta Laura merasa geram karena kasus pelecehan seksual di Indonesia sampai saat ini masih tinggi. Cinta Laura juga merasa heran kenapa pelaku tersebut dibiarkan lolos tanpa hukuman.

Hal itu disampaikan Cinta Laura dalam Instagram miliknya.

"This needs to STOP. Apa sih yang membuat pikiran masyarakat sampai ketitik ini? Kenapa kita terus membiarkan pelaku lolos tanpa hukuman dan pengetahuan bahwa yang dilakukan SALAH?! Struktur budaya dan kultural apakah yang membuat korban harus menanggung rasa sakit dan malu atas apa yang terjadi pada mereka?" tulis Cinta Laura dalam Instagram miliknya.

Cinta Laura mengatakan masalah pelecehan seksual adalah masalah kita semua. Bukan masalah seorang diri sebagai korban.

"Ini masalah kita semua, terlepas dari pendidikan, lingkungan dan status ekonomi. Masalah sistemik, yang jujur, akan terus memperlambat perkembangan negara ini menuju demokrasi yang sesungguhnya," ungkapnya lagi.

"Dengan kompas moral yang rusak dan cara berfikir yang bias, beberapa tahun kedepan sangat krusial untuk kita semua menyuarakan isu ini agar masyarakat dan pihak-pihak yang berkuasa sadar bahwa pengetahuan dan pelatihan yang intens mengenai isu ini sangat penting," paparnya lagi.

"Hukum yang ada akan sulit diimplementasikan jika cara berpikir pihak yang berwenangpun masih terbelakang. Keputusan yang objektif tidak mungkin bisa dibuat jika semua pihak belum sepenuhnya mengerti konsep pelecehan dan dampaknya terhadap korban dan masa depan bangsa ini," lanjutnya.

Sebelumnya, Cinta Laura menenangkan Widy yang menangis mengingat tentang kasus pelecehan seksual yang pernah diterimanya.

"Aku boleh jujur nggak? Ini kalau kita berhenti dulu nggak apa-apa?" tanya Cinta Laura dalam di Channel YouTube milik Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier yang mengetahui hal tersebut langsung menyetujuinya. Deddy Corbuzier juga meminta maaf karena sudah membuat Widy Vierratale menangis.

"Aku minta maaf," ungkap Deddy Corbuzier.

"Take your time, we can stop," kata Cinta Laura sambil memeluk Widy Vierratale.

Widy Vierratale mengaku tak sanggup mengingat kembali apa yang pernah terjadi padanya. Cinta Laura langsung menenangkannya.

"Di sinilah di negara kita, korban pelecehan, laki-laki atau perempuan, tapi mayoritas perempuan ya, saking takutnya untuk speak up untuk menyatakan apa yang sebenarnya terjadi pada mereka, mereka jadi minta maaf. Dan itu buat aku berpikir, 'kok bisa ya?'" kata Cinta Laura lagi.

"Dan baru saja Widy bilang ke aku bahwa dia sudah muak sama situasinya, karena walaupun dia bicara, dia nggak didengar, karena birokrasi yang ada," sambungnya lagi.

Cinta Laura mengaku ingin menangis saat Widy Vierratale mengaku malu menjadi korban pelecehan.

"Sumpah, aku mau menangis. Karena kok bisa ya negara kita mengajarkan mayoritas dari negara kita ini untuk merasakan jika ada sesuatu yang tidak adil kepada mereka itu salah mereka," beber Cinta Laura.

(wes/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT