ADVERTISEMENT

Pergaulan

RICMA, Remaja Masjid Paling Gaul Se-Jakarta

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Jumat, 22 Apr 2022 16:14 WIB
Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa Sambut Ramadan 2019
Ilustrasi Foto: (Isfari Hikmat/detikcom)


Hal lain yang juga membuat nama RICMA mudah dikenal luas di kalangan remaja masjid lainnya atau pun secara umum anak muda di Jakarta adalah citra bahwa para anggota RICMA merupakan anak-anak muda yang dianggap keren dan gaul. Belum lagi penampilan mereka yang juga dinilai menarik.


"Memang kebetulan pasarnya pas banget, anak-anak muda. Bahwa kemudian mereka memiliki aktivitas di luar masjid, kita nggak menghalangi mereka. Asal, Cut Meutia itu rumah kedua lo. Jangan lo lupain ini. Banyak yang nikah ketemunya di RICMA atau ada juga yang sampai saat ini, belum pakai hijab, tapi kami tidak menutup itu. Siapapun boleh masuk RICMA, masuk jadi panitia RJF. Di sini jadi punya keluarga baru, yang datang ke sini juga santai aja. Buat kami secara sosial, etika, sopan santun, adab adalah yang utama, seberapa keren lo, kalau tanpa itu semua, nggak ada artinya."

Meskipun bergerak sebagai organisasi kepemudaan di bawah naungan yayasan masjid, sebisa mungkin RICMA juga turut memberikan manfaat bagi para anggotanya secara langsung. Salah satunya adalah jaringan pekerjaan yang dimiliki RICMA untuk membantu para anggota yang ingin mencari pekerjaan. Akan tetapi, yang harus menjadi catatan, bukan berarti RICMA bertindak sebagai medium mencari kerja.


"Link-link kerja sama yang RICMA punya selama ini, bisa kita tujukan untuk bantu temen-temen RICMA. Tapi gini, RICMA nggak bisa kasih kerjaan, Lo minta apa, RICMA nggak bisa kasih. Tapi, ketika lo punya keinginan, ambil dari RICMA, belajar di dalam. Itu kami bisa kasih dan Insya Allah ada," tandas Husein.


Kepada detikHOT, Husein juga bercerita lebih panjang lagi, misalnya, salah satu tema kajian mereka yang cukup kontroversi tentang pacaran. Dan pandangan para anak muda di RICMA tentang Islam yang kerap kali dikaitkan dengan poligami dan politik. Ikuti hanya di detikHOT.



Simak Video "Yogya Selatan Episentrum Pesta & Pergaulan"
[Gambas:Video 20detik]

(mif/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT