ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Pindahkan Makam dan Bohong atas Nama Almarhum itu Dosa Besar

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 16 Feb 2022 06:00 WIB
Makam Vanessa Angel dan Bibi
Kata Ustaz jangan pernah memindahkan makam tanpa ada alasan syariah. Foto: Febri/detikHOT
Jakarta -

Polemik rencana pemindahan makam Vanessa Angel masih terus diupayakan oleh Doddy Sudrajat. Nyatanya para ulama juga menasihati untuk tidak memindahkan makam.

Sejak awal Doddy Sudrajat mengatakan rencana pemindahan makam Vanessa Angel karena adanya wasiat dari almarhumah semasa hidupnya ingin dimakamkan dekat dengan ibundanya. Kemudian Doddy Sudrajat juga mengatakan dirinya takut pemakaman Vanessa Angel saat ini akan terkena pelebaran jalan karena berada di tanah wakaf yang berada di pinggir jalan.

Kini, Doddy Sudrajat mengatakan rencana pemindahan makam Vanessa Angel karena keluarga ingin memakamkan almarhumah sesuai kaidah Islam. Vanessa Angel yang meninggal karena kecelakaan dimakamkan menggunakan peti, sehingga tidak mencium tanah dan menghadap kiblat.

Kegigihan Doddy Sudrajat yang ngotot untuk memindahkan makam Vanessa Angel menuai kontorversi.

Kata Ustaz kali ini membahas penegasan soal pemindahan makam. Gus Miftah ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan memberikan nasihat soal keinginan memindahkan makam.

Berikut nasihat lengkap dari Gus Miftah:

Klausul administrasi hukum normatif dan negara (memindahkan makam) itu susah dan tidak gampang. Jadi tidak semerta-merta makam itu bisa dipindahkan ada klausulnya. Ini tidak mudah untuk dipenuhi.

Nah kalau kemudian ada wasiat dan wasiat itu bertentangan dengan agama tentunya wasiat itu tidak boleh untuk dijalankan kalau bertentangan dengan hukum agama. Bagaimana kalau bertentangan dengan hukum negara, katakanlah ada nggak peraturan yang menyatakan boleh nggak pindah makam? Kalau boleh berapa lama, setahun, dua tahun, tiga tahun baru boleh dipindah atau seperti apa?

Saya bertanya pada teman-teman saya yang mengurusi pemakaman, 'Boleh nggak (pindah makam)?' 'Itu prosesnya susah Gus.' Jadi saya sudah telepon sama teman-teman saya yang biasa urusi pemakaman. Bahwa memindahkan makam, jangankan hukum agama, hukum negara saja lebih susah.

Kalau secara agama semua mengatakan haram, kecuali dengan tiga hal yang saya sampaikan tadi, ada kemaslahatan untuk almarhum, ada kemaslahatan untuk masyarakat, itu baru boleh.

Tapi kalau kemudian berbohong atas nama almarhum itu besar lagi dosanya. Orang mati saja masih ditipu kan kasihan.

(Dimakamkan dalam satu liang lahad) Boleh-boleh saja, kemarin kan kecelakaan. Itu kan ada peredaan pendapat. Tapi ada pendapat yang membolehkan untuk menguburkan beberapa orang di satu liang lahad yang sama. Apalagi dalam keadaan tertentu, seperti peperangan, bencana alam dan lain sebagainya itu namanya pemakaman masal kan boleh-boleh saja.

Kalau kemudian filosofinya mereka pasangan suami istri sehidup semati, itu tidak melanggar karena masih ada pendapat yang memperbolehkan. Saya pikir itu lebih bagus ketimbang alasan pengin dekat dengan keluarga. Kalau alasannya itu, tentunya akan ada upaya pemindahan makamnya Siti Aisyah dibawa ke dekat makamnya Kanjeng Nabi. Makamnya Kanjeng Nabi dengan Fatimah Azzahra juga berpisah. Justru yang dekat makamnya Kanjeng Nabi itu bukan Aisyah bukan Fatimah, tapi dua sahabat Rasulullah, yaitu Umar dan Abu Bakar. Jadi nggak ada contoh, kalau cuma satu liang lahad nggak masalah. Walaupun ada ulama yang mempermasalahkan, tetapi masih ada dalil yang membolehkan.

Memang tidak ada contoh memindahkan makam kecuali alasannya syar'i. Lebih dari itu kalau alasannya agar lebih dekat dengan keluarganya, lebih dekat dengan ibunya, bapaknya, sebagainya, saya pikir itu justru kasihan almarhum. Kenapa? Karena memindahkan mayat bisa melanggar kehormatannya bahkan bisa jadi memperlihatkan aib almarhum. Ya mending nggak usah.

Memang ada beberapa pendapat boleh sih memindahkan jenazah itu dengan beberapa syarat. Pertama, untuk kemaslahatan jenazah itu sendiri hal itu diperbolehkan jika terjadi sesuatu pada tanah. Umpamanya, tanah berair dan becek nggak berhenti-berhenti. Kedua, tanah yang digunakan adalah bukan tanahnya, setelah dimakamkan baru ketahuan itu adalah tanah sengketa mau nggak mau dipindahkan. Ketiga, untuk kemaslahatan umum jika umpamanya adanya di pinggir jalan mengganggu kemaslahatan sarana dan pra sarana. Belum lagi untuk hukum agama dan administrasinya.

Pada akhirnya saya pikir yang jadi alasan itu ya alasan syariah kalau nggak ada alasan itu ya sudahlah. Yang paling dibutuhkan oleh almarhum itu bukan pemindahan makam, tapi doa dari ahli waris yang ditinggalkan itu jauh lebih bijak dari pada berpolemik memindahkan makam.

Pendapat empat imam mahzab itu jelas (soal hukum memindahkan makam). Dua secara tegas mengharamkan, yang dua itu memperbolehkan dengan catatan yang tadi saya sampaikan.



Simak Video "Doddy Sudrajat Kecewa Makam Vanessa Angel Diperbaiki Tanpa Izin darinya"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT