ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Wanita Nonmuslim Berhijab Hina Islam? Ini Jawabannya

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 09 Feb 2022 06:00 WIB
Celine Evangelista
Ketika Celine Evangelista memakai hijab dan cadar. Foto: Instagram: @celine_evangelista
Jakarta -

Celine Evangelista jadi sorotan saat dirinya memakai hijab dan cadar. Ini bukan kali pertama dia memakai pakaian muslim bahkan syar'i.

Beberapa tahun lalu, Celine Evangelista juga sempat bikin heboh karena muncul dalam acara buka puasa dan pengajian dengan menggunakan pakaian muslim dan berhijab syar'i. Dikira mualaf, Celine Evangelista menjawab dirinya belum berpindah keyakinan.

Celine Evangelista saat itu mengaku ingin menghormati umat Muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan cara memakai pakaian yang tertutup. Selain itu, Celine Evangelista juga cukup dekat dengan agama Islam.

Ibunda Celine Evangelista merupakan seorang muslim. Dia juga merupakan cicit dari Sultani Fadeli Luran dan cicit dari H. Fadeli Luran. Fadeli Luran diketahui adalah pengusaha sekaligus pemuka agama di Makassar.

Celine Evangelista besar di lingkungan dengan dua agama berbeda.

Kata Ustaz kali ini akan membahas soal perempuan nonmuslim yang nyaman berhijab. Dalam hal ini, Ustaz Riza Muhammad yang juga sahabat Celine Evangelista menceritakan saat mantan istri Stefan William itu bertanya, 'Apakah ketika dirinya berpakaian syar'i itu menghina muslim?' Ustaz Riza Muhammad menegaskan itu bukan sebuah penghinaan untuk umat Muslim.

Kemudian Ustaz Abdul Somad juga menceritakan bagaimana ketika seorang nonmuslim justru melakukan hal-hal seperti puasa sunah dan memakai hijab.

Berikut penjelasan lengkap Ustaz Riza Muhammad kepada detikcom:

Ustadz Riza Muhammad saat di temui bersama Istrinya Indri Giana (4/7/2013).Ustadz Riza Muhammad pernah mendapat pertanyaan dari Celine, soal penampilannya berhijab menghina Islam atau tidak. Foto: Rengga Sancaya

Saya katakan dari mana kamu menghina? Kamu tidak melecehkan kok. Justru kamu simpati dengan pakaian muslimah.

Mereka nyaman, kenapa disebut menghina? Nggak kan? Jadi sebenarnya yang dipakai Celine itu, sudah dipakai oleh wanita-wanita nonmuslim di dunia atas simpatinya. Sebelum Celine, banyak wanita nonmuslim masuk ke masjid pakai pakaian muslimah.

Kalau ada netizen nyinyir yang bilang menghina, menghinanya dimana? Bukan mereka (Celine dan perempuan nonmuslim) yang menghina. Loh yang menghina justru nggak tahu tata cara menghormati muslim.

Apakah boleh wanita nonmuslim berpakaian seperti itu? Eh kenapa nggak boleh. Apa ada yang melarang? Kan itu identitas muslim? Betul. Tapi kalau orang sudah ingin mencoba dan mencintai kan kita nggak boleh melarang. Siapa tahu disaat itulah dia dapat hidayah. Nggak ada larangan.

Di halaman selanjutnya, penjelasan Ustaz Abdul Somad soal perempuan nonmuslim berhijab.



Simak Video "Kangen, Istri Sering Pakai Baju Ustaz Riza Muhammad"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT