Kisruh Silsilah Putri Indonesia 2019, Pihak Karaton Sumedang Angkat Bicara

Nur Azizah Rizki Astuti - detikHot
Rabu, 20 Okt 2021 20:27 WIB
Frederika Alexis Cull diduga alami malpraktik
Kabar terbaru dari kasus Putri Indonesia 2019. Foto: Hanif/detikHOT
Sumedang -

Pihak Karaton Sumedang Larang, angkat bicara terkait mencuatnya kabar bantahan dari orang tua Putri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull, Yulia Peers atas adanya pengakuan sepihak yang menyatakan bahwa anaknya merupakan keturunan Karaton Sumedang Larang.

Nonoman Karaton Sumedang Larang (KSL) Rd. Lucky Djohari Soemawilaga menyatakan, bahwa pihak Karaton Sumedang Larang tidak akan semata-mata menuliskan silsilah jika tidak ada dasarnya.

Lucky melanjutkan, pihaknya menuliskan nama Frederika Alexis Cull ke dalam silsilah Karaton Sumedang Larang berdasarkan keterangan dari Nongky Tejapermana yang mengakui Frederika Aexis Cull sebagai anaknya.

Nongky sendiri, kata Lucky, merupakan keturunan Karaton Sumedang Larang dari keluarga Raden Natapraja. Namun belakangan, tersiar kabar bahwa Frederika Aexis Cull bukan anak asli namun statusnya sebagai anak angkat.

Terkait hal itu, kata Lucky, pihak Nongky Tejapermana pun sudah mengklarifikasi dan meminta permohonan maaf kepada pihak Karaton Sumedang Larang.

"Sudah ada klarifikasi permintaan maaf ke KSL dari ibu Nongky sendiri kepada pihak Karaton Sumedang Larang," ungkap Lucky kepada detikcom, Rabu (20/10/2021).

Lucky menjelaskan membuat catatan silsilah merupakan tradisi dari Karaton Sumedang Larang. Dalam penulisan silsilah tersebut didasarkan atas keterangan langsung dari pihak keluarga.

"Dasar untuk membuat silsilah kawargian generasi sekarang berdasarkan keterangan dari keluarga yang bersangkutan," terang Lucky.

Lucky menjelaskan, nama Frederika Alexis Cull sendiri belum tercatat dalam buku babon (silsilah) induk Karaton Sumedang Larang. Keterangan dalam surat yang dilayangkan ke Frederika Alexis Cull sendiri masih sebatas draf yang masih harus dikonfirmasi kebenarannya sampai betul-betul resmi dan ditandatangani oleh Sri Radya KSL.

"Sebetulnya silsilah yang dibuat tersebut adalah masih draf yang dibuat oleh bagian silsilah untuk dikonfirmasi kepada yang bersangkutan, draf itu belum masuk kepada pucuk pimpinan di keraton Sumedang larang dan belum silsilah yang resmi dan formal karena belum ditandatangani secara langsung oleh Sri Radya KSL atau bukan scan-an tapi sudah 'diramaikan' oleh ibu Yulia," paparnya.

Terkait persoalan itu, Lucky menganggap bahwa itu menjadi urusan pribadi antara Nongky Tejapermana sebagai orang tua angkat dan Yulia Peers sebagai ibu kandung dari Frederika Alexis Cull.

"Ibu Nongki dan ibu Yulia sebenarnya mereka bersahabat dari dulu," ujarnya.

Mencuatnya bantahan dari orang tua Putri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull, yakni Yulia Peers, berawal dari adanya surat resmi yang diterima Yulia Peers dari pihak Karaton Sumedang Larang yang menyatakan bahwa secara silsilah Frederika Alexis Cull merupakan keturunan dari Karatonan Sumedang Larang.



Simak Video "Keripik Kaca Kini Jadi Tren, Begini Proses Pembuatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(azr/wes)