15 Fakta Pemakaman Pangeran Philip dari Lokasi, Tamu, hingga Berkabung Nasional

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 17 Apr 2021 06:30 WIB
drinkPangeran Philip Rutin Minum Kopi Hitam di Pagi Hari, Ini 5 Manfaat Sehatnya
Pangeran Philip akan dimakamkan Sabtu 17 April 2021 waktu setempat. (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Pangeran Philip meninggal pada 9 April 2021 lalu di usia 99 tahun. Dia akan dimakamkan akhir pekan ini pada hari Sabtu 17 April 2021.

Saat ini, jenazah Pangeran Philip masih disemayamkan di kapel pribadi di Windsor Castle. Berikut deretan fakta soal pemakanan Pangeran Philip, soal tamu undangan yang terbatas, permohonan terakhir Pangeran Philip, hingga perbedaan proses pemakamannya dengan anggota keluarga kerajaan lainnya:

1. Lokasi pemakaman

Pangeran Philip akan dimakamkan di area pemakaman Windsor Castle. Upacara pemakaman bakal digelar di kapel St George pada pukul 15.00 BST (waktu setempat) pada 17 April 2021. Prosesi upacara akan dimulai sejak peti mati dibawa menuju ke lokasi peristirahatan terakhirnya.

2. Hanya dihadiri 30 orang penting

Karena masih dalam kondisi COVID-19, prosesi pemakaman Pangeran Philip juga dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Terlebih di Inggris kasus COVID-19 berkembang dan ada pula jenis virus baru yang ditemukan. Sehingga dalam proses pemakaman ini hanya akan dihadiri oleh 30 orang penting saja.

Di antaranya: Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, Camilla, Putri Anne, Laksamana Madya Timothy Laurence, Pangeran Andrew, Pangeran Edward (Earl of Wessex), Sophie Rhys-Jones, Pangeran William, Kate Middleton, Pangeran Harry, Peter Phillips, Zara Tindall, Mike Tindall, Putri Beatrice, Edoardo Mapelli Mozzi, Putri Eugenie, Jack Brooksbank, Lady Louise, James, Edward (Duke of Kent), Pangeran Richard, Putri Alexandra, Pangeran Bernhard, Pangeran Donatus, Pangeran Philipp dari Hohenlohe-Langenburg, David Armstrong-Jones, Penelope Knatchbull, Lady Sarah Chatto, dan Daniel Chatto.

3. Pangeran Harry dipastikan hadir

Pangeran Harry sudah dipastikan akan hadir ke pemakaman sang kakek. Sebelumnya Harry menuliskan surat menyentuh soal kakeknya di situs resmi pribadi. Meghan Markle tidak datang karena sedang hamil dan diminta dokternya untuk tidak terbang ke Inggris.

4. Dimakamkan secara seremonial, tidak secara kenegaraan

Pemakaman Pangeran Philip dilakukan secara seremonial, bukan pemakaman kenegaraan. Putri Diana yang meninggal di tahun 1997 juga dimakamkan dengan prosesi yang sama dengan Pangeran Philip. Begitu juga saat ibunda Ratu Elizabeth meninggal di tahun 2002.

Kerajaan Inggris setelah wafatnya Pangeran Philip: Mengapa sebagian rakyat Inggris tak mendukung keberlangsungan monarki?Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II Foto: BBC Magazine

5. Peti mati dibawa dengan Land Rover kustom

Peti mati Pangeran Philip akan dibawa dengan mobil Land Rover khusus yang sudah dikustom. Desain mobil ini disesuaikan dengan ukuran peti mati dari Pangeran Philip. Kabarnya, Pangeran Philip sendiri yang mendesain Land Rover ini.

6. Urutan iring-iringan peti mati (di halaman selanjutnya)

Selanjutnya
Halaman
1 2