Ayu Azhari Beri Dukungan ke Wartawati, Ingin Perempuan Indonesia Lebih Mandiri

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 11 Mar 2021 12:58 WIB
Ayu Azhari saat ditemui di rumah duka Yana Zein di kawasan Fatmawati.
Ayu Azhari beri dukungan buat perempuan terutama wartawati. (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta -

Pada 8 Maret 2021 lalu figur publik perempuan merayakan Hari Perempuan Internasional. Hal itu mereka lakukan sebagai ucapan serta simpati mereka terhadap perempuan Tanah Air.

Tak terkecuali Ayu Azhari yang merayakan hari itu bersama Aliansi Wartawati Indonesia. Dalam kesempatan ini Ayu Azhari bahkan menyinggung persoalan demokrasi pers di Tanah Air.

Dalam keterangan pers yang didapatkan detikcom, Rabu (10/3/2021) tertulis maksud dan tujuan Ayu Azhari menyinggung demokrasi pers.

"Memberikan ucapan selamat dan support kepada Aliansi Wartawati Indonesia, (melalui) Instagram saya @ayukhadijahazhari," sesuai pada keterangan pers yang diterima.

Baginya, pers merupakan salah satu pilar demokrasi di Indonesia. Ia sangat mendukung keterbukaan informasi dan ketidakberpihakkan media massa pada fraksi tertentu.

Selain membahas hal itu, Ayu Azhari juga menuturkan perihal pemberdayaan perempuan dalam bidang budaya lokal. Ia berharap hal ini masih terus mendapat dukungan dari pemerintah.

"Dengan beberapa poin serta latar belakang kemajuan digitalisasi juga pers sebagai pilar demokrasi. Diperlukan wartawati seperti tertulis di sana. Juga yang terpenting adalah keberpihakkan media dan pemerintah untuk program pemberdayaan perempuan yang berbasis budaya lokal," lanjut Ayu Azhari.

Hal itu bukan tanpa alasan, artis 51 tahun ini juga menuturkan alasannya. Ayu Azhari merasa mental perempuan Indonesia perlu dibentuk dalam segi kemandirian dan kesejahteraan yang terjamin.

Bagi Ayu Azhari, membangun etika bangsa Indonesia yang baik berawal dari rumah. Hal itu di mana semua berawal dari perempuan yang menjadi perawat, pemelihara generasi penerus bangsa.

"(Alasan) agar terbentuk mental perempuan Indonesia yang mumpuni, mandiri dan terjamin kesejahteraan nya. Terjaga dan di muliakan kan tempat nya sebagai perempuan Indonesia," lanjut Ayu Azhari.

"Karena membangun bangsa Indonesia di mulai dari rumah, dimana perempuan memelihara, merawat dan membesarkan generasi penerus bangsa #internationalwomensday," tambahnya.

Sebelumnya diketahui, Ayu Azhari pun sempat mengunggah fotonya bersama beberapa perempuan di Instagram-nya. Hal ini juga sebagai tanda untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

Dalam unggahan itu Ayu Azhari membubuhi keterangan dengan kalimat yang mendukung perkembangan dan kemanusiaan untuk perempuan Tanah Air. Ia juga menyinggung perihal peran wartawati yang perlu keterbukaan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat.

[Gambas:Instagram]



(pig/aay)