Sebelum Meninggal, Farida Pasha Raih Penghargaan dari Forum Film Bandung

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 17 Jan 2021 13:15 WIB
Farida Pasha
Farida Pasha baru saja mendapat anugerah lifetime achievement dari Forum Film Bandung Foto: Ist.
Jakarta -

Prestasi berhasil ditorehkan aktris senior Farida Pasha yang meninggal dunia karena COVID-19. Dua bulan sebelum tutup usia, pemeran Mak Lampir dalam sinetron Misteri Gunung Merapi meraih lifetime achievement atau penghargaan seumur hidup dari Forum Film Bandung.

Perempuan kelahiran Tasikmalaya pada 1952 itu terjun ke dunia akting sejak dekade 1970-an. Awalnya, ia main film Guna-Guna Istri Muda di 1977 bersama Roy Marten, Rina Hassim, dan Aedy Moward.

Pada 1979, Farida Pasha juga main film Kisah Cinta Rojali dan Zuleha, Satria Bergitar di tahun 1983, dan Gadis Berwajah Seribu pada 1984.

Forum Film Bandung menyebutkan sosok aktris Farida Pasha berhasil memainkan peran-perannya dengan ikonik.

"Kecintaannya terhadap dunia seni peran membuat totalitas dalam berakting dan karakternya disukai oleh penonton. Ia terus mengembangkan kemampuan akting bersama sutradara dan aktor dalam film-filmnya," begitu bunyi narator dalam video anugerah Forum Film Bandung, seperti ditonton detikcom, Minggu (17/1/2021).

Penyelenggara Forum Film Bandung juga berharap semoga almarhumah diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan yang luar biasa.

[Gambas:Instagram]

"Kami, keluarga besar Forum Film Bandung turut berduka cita. Dan mari sejenak kita sama-sama berdoa untuk beliau," tulis Forum Film Bandung.

Ify Alyssa juga mengucapkan terima kasih kepada Forum Film Bandung atas anugerah yang diberikan dua bulan yang lalu.

"Terima kasih.. alhamdulillah Ibu pasti seneng sempat dapat penghargaan ini sebelum pergi. Proud of u ibuuu," tulis Ify Alyssa di Stories Instagram pribadinya, Minggu (17/1/2021).

Aktris Farida Pasha meninggal di usia 68 tahun pada Sabtu (16/1/2021) pukul 19.35 WIB. Pihak keluarga melalui media relation keluarga, Delaz Sakti, menuturkan kondisi kesehatannya menurun setelah terpapar COVID-19.

Nama Farida Pasha mulai dikenal publik lewat film Guna-Guna Istri Muda yang meledak dikalangan bioskop Indonesia pada 1977.

Berkat bakat aktingnya yang hebat, ia kembali berperan dalam film Pembalasan Guna-Guna Istri Muda pada 1978 beradu akting dengan artis ternama pada zaman itu seperti Roy Marten, Rina Hassim, dan Aedy Moward.



Simak Video "Farida Pasha Juga Sempat Sakit Vertigo dan Lambung"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)