Profil Aktris Senior Farida Pasha 'Mak Lampir' yang Meninggal Dunia

Tia Agnes, Tia Agnes - detikHot
Minggu, 17 Jan 2021 11:44 WIB
Farida Pasha
Ini profil aktris senior Farida Pasha meninggal dunia Foto: Ist.
Jakarta -

Kabar duka datang dari keluarga musisi Ify Alyssa. Aktris senior Farida Pasha atau nenek dari Ify Alyssa meninggal dunia dan jenazahnya sudah dimakamkan hari ini.

Farida Pasha dikenal karena peran Mak Lampir yang ikonik dalam sinetron kolosal Misteri Gunung Merapi. Sinetron tersebut diadaptasi dari sandiwara radio terkenal karya Amadi Sjafar.

Terjun ke Dunia Akting Sejak 1977

Nama Farida Pasha mencuat di 1977 lewat film Guna-Guna Istri Muda yang meledak di bioskop Indonesia. Sekuelnya Pembalasan Guna-Guna Istri Muda yang tayang pada 1978 tak kalah hits saat itu.

Dalam film tersebut, tak hanya Farida Pasha saja yang main tapi ada juga Roy Marten, Rina Hassim, dan Aedy Moward.

Kesuksesan Farida Pasha di layar lebar, membawanya ke dalam peran utama di film mistik lainnya. Di antaranya adalah Nenek Gondrong dan Dukun Ilmu Hitam.

Terkenal Lewat Mak Lampir

Dalam sinetron tersebut, Farida Pasha berperan sebagai Mak Lampir. Ia digambarkan seperti nenek-nenek dengan rambut panjang berantakan dan sudah memutih.

Suaranya yang khas berat dan tawa yang membuat penonton bergidik ngeri membuat karakternya tak bisa dilupakan. Jauh sebelum sinetron Misteri Gunung Merapi, Farida Pasha sudah terjun ke dunia akting sejak dekade 1970-an.

Masih Main Film sampai Tahun 2018

Tapi karakter Mak Lampir dalam sinetron kolosal Misteri Gunung Merapi adalah yang paling terkenal dan terkenang sampai sekarang. Setelah itu, perempuan kelahiran 21 Agustus 1952 masih terjun ke dunia akting lewat sinetron Misteri Gunung Merapi II dan Misteri Gunung Merapi III di tahun 1990.

Pada 2008, ia masih main dalam film 40 Hari Bangkitnya Pocong. Dilanjutkan dengan Mama Minta Pulsa pada 2012, dan The Secret: Suster Ngesot Urban Legend di 2018.

Setelah kesuksesan Misteri Gunung Merapi, Farida Pasha mulai fokus menghabiskan waktu bersama keluarga besarnya. Dalam beberapa foto yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Farida Pasha tampak bahagia bersama anak dan cucu-cucunya.

Kabar duka Farida Pasha yang dikabarkan meninggal karena COVID-19 disampaikan cucunya, Ify Alyssa, di media sosial pribadinya.

"Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun.. Allahummahhfirlaha warhamha wa afiha wa fu anha. Berpulang ke rahmatullah, ibu Hj Farida Pasha aka mak Lampir the legend," sesuai informasi yang didapat detikcom, Minggu (17/1/2021).



Simak Video "Farida Pasha Juga Sempat Sakit Vertigo dan Lambung"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/tia)