Profil Sean Gelael, Pembalap yang Koleksi Mobil Mewah Pesta Bareng Raffi Ahmad

Nanda Alifah - detikHot
Jumat, 15 Jan 2021 11:18 WIB
Sean Gelael
Profil Sean Gelael Foto: dok. Sean Gelael
Jakarta -

Muhammad Sean Ricardo Gelael ini merupakan seorang pembalap mobil muda dari Indonesia yang saat ini bertanding di ajang karting WSK Masters. Pria yang akrab disapa Sean Gelael ini sekarang tengah menjadi sorotan publik.

Hal itu dikarenakan ia bersama Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Gading Marten, dan Anya Geraldine menghadiri pesta ulang tahun Ricardo Gelael, bos KFC, setelah disuntik vaksin COVID-19 pada 13 Januari 2021. Lalu, seperti apa sosok Sean Gelael?

Berkarier Jadi Pembalap Sejak Usia 9 Tahun

Sean Gelael lahir di Jakarta, 1 November 1996. Ia putra dari pasangan pembalap senior Ricardo Gelael dan Rini S. Bono. Sejak kecil Sean sudah familiar dengan dunia balap.

Pada 2005, merupakan awal karier Sean di dunia balapan saat usianya menginjak 9 tahun. Ia berani mengikuti ajang kejurnas Reli Sprint dengan menjadi navigator untuk ayahnya sendiri.

Selain itu, Sean juga mulai mengikuti ajang gokart saat musim 2009 di kelas Rotax Max Junior, yang juga tetap bertahan di ajang kejurnas reli. Pengalaman di musim sebelumnya membuat pembalap muda ini untuk mulai memantapkan diri turun secara penuh di ajang gokart tahun 2010.

Hijrah ke Eropa dan Jadi Pembalap Internasional

Pada 2011, ia resmi menjadi salah satu pembalap Indonesia yang mengikuti kejuaraan gokart internasional. Ia bahkan meraih beberapa kejuaran pada tahun yang sama.

Kejuaraan yang diraihnya antara lain juara karting tingkat Asia sebagai pebalap termuda, juara nasional karting tingkat senior, dan kembali juara karting tingkat Asia di Sentul, Indonesia 2011.

Di 2013, Sean Gelael hijrah ke Eropa untuk melebarkan sayapnya di dunia balap. Ia mengikuti ajang F3 Eropa kurang lebih selama 2 tahun, setelah itu berlanjut ke ajang balap World Series by Renault di tahun 2015. Sean juga mengikuti ajang balapan GP2 Series dan Asian LeMans Series meskipun hanya setengah musim.

Kariernya makin menanjak setelah terpilih sebagai pembalap tes di tim F1 Scuderio Toro Rosso pada tahun 2017. Pada 2020, Sean Gelael mengakhiri seri terakhir Formula 2 (F2) di Sirkuit Sakhir, Bahrain dengan finis di urutan 17.

[Gambas:Instagram]



Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ikuti Kongres PSSI, Raffi Ahmad dan Kaesang Disambut Hangat Menpora"
[Gambas:Video 20detik]