Hasil Autopsi Jenazah Naya Rivera Dirilis

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 12 Sep 2020 08:40 WIB
FILE - Naya Rivera, a cast member in the television series Glee, poses at a screening and Q&A for the show, at the Academy of Television Arts and Sciences in Los Angeles on May 1, 2012. Authorities say a body has been found at a Southern California lake during the search for “Glee” star Naya Rivera. The Ventura County Sheriff’s Office says in a tweet that the body was found Monday morning, July 13, 2020, in the search of Lake Piru for Rivera, five days after her 4-year-old son was found alone in a boat the two had rented. (AP Photo/Chris Pizzello, File)
Foto: AP/Chris Pizzello
Jakarta -

Naya Rivera meninggal awal Juli lalu karena tenggelam di Danau Piru. Kini hasil autopsi jenazahnya telah dirilis. Pihak kepolisian juga membeberkan detail jelang kematian bintang Glee tersebut.

Sebelumnya diberitakan bahwa Naya Rivera dan putranya, Josey, menghabiskan waktu bersama di Danau Piru. Keduanya naik perahu untuk berlayar di danau bersama lalu berenang di salah satu titik di Danau Piru. Naasnya, setelah Naya turun ke air, dirinya tidak pernah kembali ke permukaan.

Dilansir dari E! News pada Sabtu (12/9/2020), kematian Naya Rivera kini telah dipastikan akibat kecelakaan. Pihak kepolisian menjelaskan detail hasil investigasi mereka sebelum Naya Rivera menghilang di dalam air.

"Tidak lama setelah dia melompat ke air, Naya memberitahu Josey untuk kembali ke perahu. Dia membantu Josey untuk naik ke perahu lalu Josey mendengar Naya berteriak minta tolong dan sempat mengulurkan tangan ke udara. Dia lalu menghilang di dalam air," ungkapnya.

Hal ini sesuai dengan penjelasan yang diberikan oleh pihak penyewaan perahu yang ada di Danau Piru. Di hari kematian Naya Rivera, petugas penyewaan perahu menyebut bahwa dia menemukan Josey tertidur sendirian di sana. Josey sempat bilang juga bahwa sang Ibu membantunya naik ke perahu sebelum akhirnya menghilang.

Petugas penyewaan perahu itu juga menyebut bahwa dirinya memberikan jaket keselamatan buat Naya Rivera namun ditolak oleh sang aktris. Meski demikian dia tetap memberikan jaket keselamatan itu dan setelah kejadian, jaket keselamatan tersebut masih ada di atas perahu.

Naya Rivera's father, George Rivera, right, and mother Yolanda, left, with members of Ventura County Sheriff's Office are seen in a boat after Naya Rivera's body was found in Lake Piru, Monday, July 13, 2020, in Lake Piru, Calif. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)Foto pencarian jenazah Naya Rivera. Foto: AP/Ringo H.W. Chiu

Fakta lain yang ditemukan dari penyelidikan ini adalah bahwa pada hari kematiannya, Naya Rivera dan Josey tidak berencana untuk berenang. Menurut keterangan dari Ibu Naya Rivera, pemeran Santana Lopez dan anaknya hari itu berniat untuk barbekyu di Danau Piru. Keterangan ini sesuai dengan barang-barang yang ditemukan di mobil Naya seperti bahan makanan dan juga arang.

Hingga saat ini pihak kepolisian masih menetapkan kematian Naya Rivera sebagai sebuah kecelakaan. Hasil autopsi juga mendukung hal ini.

"Laporan toksikologinya menunjukkan kadar phentermine di level terapeutik, kadar amfetamin dan diazepam yang rendah, kafein dan kadar alkohol dalam darah di angka 0.016%. Berdasarkan temuan autopsi yang meliputi kematiannya, tidak ditemukan zat berbahaya yang menyebabkan kematian. Seperti diyakini saat ini, penyebabnya adalah tenggelam karena kecelakaan," tutup pihak kepolisian.

(aay/aay)