ADVERTISEMENT

5 Fakta Joko Pinurbo, Penyair Kawakan Yogyakarta yang Penuh Syair Humor

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 17 Mei 2022 12:22 WIB
Penyair asal Yogyakarta Joko Pinurbo
Foto: @sastragpu/ Joko Pinurbo

4. Populerkan Dunia Puisi

Joko Pinurbo tak menyangka puisi-puisinya mampu populer dan meramaikan industri sastra Tanah Air. Dalam sebuah wawancara, dia mengungkapkan pandangannya mengenai buku puisi yang sampai dicetak ulang bahkan di era pandemi.

"Keraguan saya mendapatkan respons sebaliknya. Karya saya mendapat sambutan yang baik dari pembaca, sangat baik untuk ukuran saya. Buat dua buku puisi ini," kata Joko Pinurbo saat peluncuran dua buku puisi secara virtual, akhir pekan lalu.

Pria yang akrab disapa Jokpin menceritakan kisahnya saat terpilih sebagai tokoh pilihan versi Majalah TEMPO. Saat itu, ia mendapat pertanyaan dari wartawan mengenai posisi buku puisi di industri Tanah Air sulit menjadi terpopuler.

Di masanya, Joko Pinurbo mengaku buku puisi terbilang sulit laku di pasaran. Karyanya pun dianggap bombastis kala itu.

"Saya yang sudah hidup puluhan tahun sebagai penyair dan memang itu susah waktu itu. Ternyata apa yang saya katakan dengan sangat yakin dan percaya diri itu terbukti di kemudian hari dengan sambutan yang luar biasa terhadap karya Sapardi Djoko Damono sampai Aan Mansyur," sambungnya.

5. Banjir Penghargaan

Karya-karya Joko Pinurbo juga sukses diterjemahkan ke bahasa Inggris, Jerman, sampai Mandarin.

Joko Pinurbo juga sukses memperoleh berbagai penghargaan. Di antaranya adalah Penghargaan Buku Puisi Dewan Kesenian Jakarta (2001), Sih Award (2001), Hadiah Sastra Lontar (2001), Tokoh Sastra Pilihan Tempo (2001, 2012), Penghargaan Sastra Badan Bahasa (2002, 2014), Kusala Sastra Khatulistiwa (2005, 2015), dan South East Asian (SEA) Write Award (2014).



Simak Video "Puisi untuk Putin, Artis Annalynne McCord Jadi Sorotan Netizen"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT