ADVERTISEMENT

7 Fakta Ramadhan KH, Sastrawan yang Lahir dan Meninggal 16 Maret

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 16 Mar 2022 18:50 WIB
Sastrawan Ramadhan KH
Berikut 7 fakta soal Ramadhan KH dan karya-karyanya: Foto: Wikipedia/ Istimewa
Jakarta -

Tanggal 16 Maret menjadi momen bahagia sekaligus duka atas kepergian Ramadhan KH. Sastrawan yang bernama lengkap Ramadhan Karta Hadimadja lahir pada 16 Maret 1927 dan meninggal di 16 Maret 2006 karena kanker prostat yang diidapnya.

Ayah dari drummer sekaligus musisi Gilang Ramadhan punya sejarah panjang dalam dunia jurnalistik dan sastra Indonesia. Dia juga dikenal sebagai penulis biografi.

Ramadhan KH memulai kariernya sebagai seorang jurnalis Antara selama 13 tahun dan pernah menjabat menjadi redaktur sebuah majalah. Sepanjang hidupnya, ia terus berkarya dan produktif menulis.

Berikut 7 fakta soal Ramadhan KH dan karya-karyanya seperti dirangkum detikcom:

1. Sebagai Penulis Biografi

Karier kepenulisan Ramadhan KH juga membawanya kepada penyebutan sebagai penulis biografi. Salah satu biografi yang pernah ditulis dan melambungkan namanya adalah buku tentang kisah cinta Inggit Ganarsih dengan Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Novel biografi yang berjudul Kuantar ke Gerbang menceritakan kisah perjuangan Inggit mengantarkan Bung Karno menjadi orang nomor satu di Indonesia. Bukunya terbit pada 1981.

Selain itu, ia menulis juga kisah tokoh lainnya yakni A E Kawilarang, Ali Sadikin, Hoegeng, Soemitro, sampai pelopor industri elektronika Indonesia Gobel.

2. Tulis soal Soeharto

Gara-gara buku Kuantar ke Gerbang, Ramadhan KH dipinang oleh Kepala Mass Media Sekretariat Negara, Gufran Dwipayana, untuk menulis biografi soal presiden kedua Indonesia, Soeharto. Sempat menolak awalnya, akhirnya ia menuliskan kisah tentang Soeharto.

Ia dua kali mewawancarai Soeharto, riset selanjutnya berlangsung melalui rekaman yang ditanyakan kepada pihak Sekretariat Negara. Dalam literatur disebutkan, selama penulisan Ramadhan KH mengaku kesulitan dan tertekan karena takut salah tulis sampai ditangkap.

Imbalan dari menulis buku biografi berjudul Soeharto Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya: Otobiografi (1988) adalah mobil Honda Accord warna merah yang diberikan melalui Kolonel Wiranto, ajudan Presiden Soeharto, kala itu.

3. Penyair dan Penulis Produktif

Ramadhan KH adalah salah satu sastrawan produktif yang pernah dimiliki Indonesia. Salah satu buku kumpulan puisinya Priangan Si Djelita yang rilis 1956 ditulisnya saat perjalanan di Eropa.

Dia menuliskan cerita tentang kampung halamannya di Jawa Barat yang bermasalah karena peristiwa separatis.

4. Dipuji Sapardi Djoko Damono

Buku kumpulan puisi Priangan Si Djelita itu membuat Sapardi Djoko Damono memujinya. Dia menganggap buku itu adalah puncak bagi karier Ramadhan KH.

"Dia adalah segelintir, kalau tidak satu-satunya sastrawan yang membuat puisi dalam format tembang kinanthi," ucap Sapardi dalam sebuah wawancara.

(Baca halaman berikutnya fakta soal sastrawan Ramadhan KH)



Simak Video "Penampilan Kocak Geng Motor 'The Prediksi' di Soundrenaline 2022"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT