Biografi Ramadhan KH Rilis, Gilang Ramadhan Apresiasi Proses Kreatifnya

Tia Agnes - detikHot
Senin, 11 Jan 2021 10:47 WIB
Buku Biografi Sastrawan Ramadhan KH
Foto: Gramedia Pustaka Utama/ Istimewa
Jakarta -

Gilang Ramadhan mengapresiasi biografi sastrawan Ramadhan KH yang ditulis oleh Zulfikar Fuad. Buku tentang mendiang ayahnya yang mengabadikan diri untuk karya sastra Tanah Air dianggap sang musisi meneruskan perjuangan Ramadhan KH.

Buku biografi berjudul Biografi, a Lasting Legacy: Rahasia Maestro Biografi Ramadhan K.H. Menulis Biografi yang Memikat dan Menyejarah sebagai Warisan Abadi terbit di awal 2020.

Saat peluncuran buku secara virtual, Gilang Ramadhan menuturkan buku ini bukan saja berisi panduan menulis biografi ala Ramadhan KH.

"Buku ini juga mendokumentasikan prinsip dan nilai-nilai kemanusiaan yang dipegang teguh dan ditampilkan ayah saya dalam setiap karya biografinya," ungkap Gilang Ramadhan, akhir pekan lalu.

Gilang Ramadhan juga mengucapkan terima kasih kepada Zulfikar Fuad karena mengabadikan proses kreatif Ramadhan KH selama menulis biografi.

"Dengan terbitnya buku ini, semoga lebih banyak lagi penulis biografi Indonesia yang produktif berkarya, demi meluaskan khazanah sastra dan sejarah Indonesia," katanya.

Penulis buku Zulfikar Fuad menuturkan karyanya ditulis setelah sepanjang 2002 sampai 2004, ia belajar menulis biografi secara intensif kepada sastrawan Ramadhan KH.

"Bapak Ramadhan KH, maestro biografi dan sejarawan, adalah mahaguru yang sudah saya anggap seperti ayah kandung. Sepanjang 2002-2004 saya belajar intensif menulis biografi kepada beliau dan mendampingi beliau di berbagai acara," tutur Zulfikar Fuad.

"Sebagai muridnya saya terpanggil untuk mendukung rencana Mas Gilang Ramadhan untuk mendirikan dan mengembangkan Ramadhan KH Library," sambungnya.

Sebanyak 50 % royalti dari buku bakal diberikan untuk pendirian perpustakaan tersebut. Gilang Ramadhan mengatakan nantinya perpustakaan akan memuat berbagai koleksi mahakarya Ramadhan KH beserta dokumen dan benda-benda bersejarah lainnya.

"Ramadhan K.H. Library akan dikembangkan sebagai wahana berkebudayaan, yang diisi dengan kegiatan berkesenian, kesusastraaan dan kepenulisan, untuk mewariskan semangat RKH dalam berkarya," kata Gilang.

Manajer Nonfiksi Gramedia Pustaka Utama (GPU) saat peluncuran virtual mengatakan sosok Ramadhan KH dikenal punya jejak di industri perbukuan Indonesia.

"Beliau adalah salah satu penulis biografi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kami mendukung sekali penerbitan buku dan juga gagasan pendirian Ramadhan K.H. Library, agar semangat RKH yang setia sebagai penulis biografi dan juga sastrawan pejuang akan terus ada," pungkasnya.



Simak Video "Jenguk Ekki, Gilang Ramadhan Sadari Pentingnya Hidup Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)