ADVERTISEMENT

Mengenal Illuminati, Organisasi Rahasia yang Diprediksi Muncul di Doctor Strange 2

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 15 Feb 2022 16:20 WIB
Marvel Illuminati dalam komik.
(Foto: dok. Marvel Comics) Kelompok rahasia ini pertama kali tampil di Marvel Comics New Avengers volume 7 yang dirilis Juli 2005. Salah satu anggotanya adalah Iron Man.
Jakarta -

Sebelum trailer Doctor Strange in the Multiverse of Madness, ada sebuah unggahan di Reddit yang membeberkan spoiler film ini dari awal sampai akhir. Banyak elemen yang dibeberkan di sana dan banyak juga hal yang harus diproses setelah membacanya. Di Fandomwire, salah satu rumor yang berkembang adalah soal kemunculan Illuminati di Doctor Strange 2.

Kini trailer Doctor Strange in the Multiverse of Madness sudah dirilis dan fans makin menggila dengan skala besar dan kemungkinan-kemungkinan yang bakal ditampilkan dalam film tersebut. Isu soal kemunculan Illuminati pun semakin kuat lewat adegan dalam trailer ketika Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) dikawal sederet robot ke dalam sebuah ruangan, sebelum sosok bersuara familier (diprediksi dia adalah Professor X dari X-Men yang diperankan Patrick Stewart) muncul.

Sebenarnya apa sih Illuminati dalam semesta Marvel ini? Apakah ada kaitannya dengan organisasi di dunia nyata yang katanya beranggotakan Beyonce?

Dalam semesta Marvel, Illuminati adalah sebuah kelompok rahasia yang mengambil keputusan-keputusan besar dan penting dalam kejadian di semesta tersebut. Konsepnya memang tidak jauh berbeda dengan Illuminati di dunia nyata.

Kelompok rahasia ini pertama kali tampil di Marvel Comics New Avengers volume 7 yang dirilis Juli 2005 dan ditulis oleh Brian Michael Bendis yang juga menciptakan Spider-Man Miles Morales. Sejarah pembentukannya pertama kali dibahas dalam komik New Avengers: Illuminati yang dirilis Mei 2006.

Pertemuan pertama Illuminati di Marvel terjadi antara Iron Man, Mister Fantastic, Namor, Black Bolt, Professor X, Black Panther, dan Doctor Strange. Masing-masing mewakili entitas yang berbeda mulai dari manusia super, masyarakat Wakanda, Atlantis, dan mutan.

Marvel IlluminatiMarvel Illuminati Foto: (dok. Marvel/Fandom)

Steve Rogers alias Captain America sempat menjadi anggota Illuminati tapi protes dengan cara kerja mereka yang bergerak diam-diam di luar hukum dan melanggar hak asasi manusia. Contohnya, membuang Bruce Banner (Hulk) ke luar angkasa karena eksistensinya di bumi bisa mengancam umat manusia.

Rogers merasa kekuatan dan kebijakan Illuminati terlalu kuat pengaruhnya apalagi tanpa ada yang mengawasi. Rogers pun dikeluarkan dari Illuminati dan dihapus ingatannya oleh Xavier supaya tidak ingat pernah jadi bagian kelompok rahasia ini.

Raja Wakanda T'Challa alias Black Panther tau keberadaan Illuminati tapi menolak jadi anggota. T'Challa di beberapa kesempatan memfasilitasi pertemuan Illuminati di Wakanda supaya tetap tersembunyi dari dunia luar.

Selain nama-nama di atas, Illuminati juga merekrut anggota lain sepanjang kiprah mereka di komik. Nama-nama seperti Beast (Henry McCoy), Hulk (Bruce Banner), Captain Britain (Brian Braddock), Mastermind Excello (Amadeus Cho), dan Yellowjacket (Hank Pym) pernah diajak masuk ke organisasi ini. Illuminati juga punya banyak varian yang berbeda termasuk di Bumi-231, Bumi-976, Bumi-2319, Bumi-23099, Marvel Apes, hingga What If... Sementara Bumi tempat Doctor Strange berada saat ini (bumi MCU) adalah Bumi-616.

Bakal diperkenalkannya Illuminati di Doctor Strange in the Multiverse of Madness akan menjadi sebuah fase baru dalam semesta Marvel. Mengingat ini bukanlah satu-satunya hal yang ingin disampaikan dalam film ini kalau merujuk ke trailer dan posternya.

Ada sosok America Chavez yang juga memegang peranan penting dalam film ini menuju ke New Avengers. Masih ada Scarlet Witch yang apakah perannya akan muncul sebagai antagonis atau protagonis masih diperdebatkan juga. Varian dari Doctor Strange (versi jahat dan versi zombie) juga masih bikin penasaran.

Yang jelas seperti kemunculannya di komik, diperkenalkannya Illuminati ke MCU akan menjadi penentu masa depan semesta Marvel di layar lebar.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness bakal tayang di bioskop Mei 2022.

Marvel Illuminati dalam komik.Marvel Illuminati dalam komik. Foto: dok. Marvel Comics
(aay/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT