Jessica Jung Hadir di Festival Literasi Daring Ruang Tengah 23 Januari

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 15 Jan 2021 09:37 WIB
Jessica Jung, mantan personil SNSD.
Jessica Jung Foto: Dok. Instagram/jessica.syj
Jakarta -

Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) menyelenggarakan festival literasi daring yang bertajuk Ruang Tengah #Bersama. Di antara puluhan penulis yang berpartisipasi, ada satu narasumber kejutan yang baru saja diumumkan.

Jessica Jung yang baru saja menerbitkan buku Shine! dipastikan bakal hadir dalam sesi diskusi daring pada 23 Januari 2021 pukul 16.00 - 17.30 WIB.

Dalam keterangan yang diterima, Jessica Jung, yang merupakan anggota girl band ternama Korea dijadwalkan mengisi untuk sesi berjudul Whatever It Takes, Shine!.

Ketua Pelaksana Festival Literasi Ruang Tengah #Bersama, Andi Tarigan, menuturkan ada dua penulis Korea yang berpartisipasi di penyelenggaraan yang pertama kalinya digelar.

"Selain Jessica Jung, penulis Jeong Mun Jeong yang dikenal dengan bukunya How To Smile and Cope with Rude People juga akan bergabung. Harapannya, interaksi lintas negara yang terjadi, baik dengan sesama penulis maupun dengan para pembaca, akan memantik ide-ide baru yang dapat menyegarkan pikiran di tengah pandemi ini," katanya.

Pada September, Jessica Jung debut meluncurkan novel perdananya yang berjudul Shine!. Di Indonesia, novelnya terbit di bawah naungan GPU.

Novel Shine mengisahkan tentang remaja Korea-Amerika yang menjalani pelatihan sebagai idol K-Pop. Terinspirasi dari pengalaman pribadi Jessica Jung, karakter dalam novel bernama Rachel Kim.

Ia direkrut oleh DB Entertainment, salah satu manajemen K-Pop terbesar di Seoul dan belajar selama 6 tahun.

Aturan dalam manajemen K-Pop tersebut adalah latihan selama 7 hari 24 jam, menjadi sempurna, jangan pacaran, dan hindari skandal gelap. Ketika Rachel bertanya-tanya apakah itu adalah impiannya selama ini, di saat yang bersamaan ia jatuh cinta pada bintang K-Pop, Jason Lee.

[Gambas:Instagram]



Selain Jessica Jung dan Jeong Mun Jeong, ada 23 penulis serta narasumber lainnya yang dipastikan hadir. Di antaranya ada Ellen May, dr. Meta Hanindita, Samuel Ray, Erwin Parengkuan, Eka Kurniawan, Ika Natassa, Achen Chendawati Ny. Liem hingga Reda Gaudiamo.

Ada juga psikolog anak Ditha Rachman, Chef Gerry Rudy, Norman Erikson Pasaribu, Chef Salimoz, Juhaeri, Iwan Kenrianto, Aan Mansyur, Theoresia Rumthe, Weslly Johannes, Intan Paramaditha, Ramayda Akmal, Jerome Polin, Tsana Rintik Sedu, Yudi Latif, dan Fellexandro Ruby.

Andi Tarigan menuturkan Ruang Tengah terinspirasi dari nama ruangan di kantor redaksi GPU yang sering dijadikan tempat pertemuan bagi banyak orang yang bertandang ke kantor.

"Biasanya, pertemuan penulis dan pembaca kerap digelar secara luring sebagai ajang diskusi dan bertukar pikiran. Kali ini, aktivitas tersebut harus ditunda sementara waktu sebagai bentuk antisipasi terhadap penyebaran virus," katanya.

"Ruang Tengah kemudian diadakan agar bisa terus mempertemukan penulis, pembaca, serta para anggota redaksi, walaupun secara daring," tukasnya.

Festival literasi daring Ruang Tengah #Bersama digelar pada 16 sampai 24 Januari 2021.



Simak Video "Jessica Jung Eks SNSD Lagi di Jakarta Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)