Throwback Culture

3 Momen Manga Boruto Terviral 2020

Tia Agnes - detikHot
Senin, 28 Des 2020 14:27 WIB
Manga Boruto: Naruto Next Generations Chapter 49 terbit 20 Agustus 2020.
3 momen terviral manga Boruto sepanjang tahun 2020 Foto: Istimewa
Jakarta -

Sepanjang tahun 2020, industri manga Jepang ditandai dengan berbagai momen bersejarah dalam perkembangannya. Selain manga One Piece yang menduduki posisi terpopuler di seluruh dunia, ada satu komik lainnya yakni manga Boruto: Naruto Next Generations.

Sekuel manga Naruto itu di tahun 2020 mengalami perkembangan kontroversi dan momen yang tak terlupakan oleh para pembacanya. Ada momen-momen apa saja?

Berikut 3 momen manga Boruto terviral dan yang paling dibicarakan masyarakat Indonesia, di antaranya:

1. Masashi Kishimoto Ambil Alih Penulisan Cerita

Di balik meja redaksi manga Boruto ada kisruh yang membuat pencipta aslinya Masashi Kishimoto mengambil alih penulisan. Tadinya manga Boruto ditulis oleh Ukyo Kodachi sejak awal penggarapan di tahun 2016.

Ukyo Kodachi pernah mengadaptasi cerita Naruto dan Boruto ke dalam versi novel grafis. Para pembaca banyak yang mempertanyakan alasan Masashi Kishimoto dan tim penerbit mengambil alih keputusan tersebut.

Ada kabar tentang teori Naruto yang 'dimatikan' oleh Ukyo Kodachi dan rencana karakter lainnya yang juga bakal diubah. Serta berbagai kontroversi lainnya yang membuat fans terhenyak.

2. Naruto Meninggal

Momen manga Boruto terviral lainnya yang dibicarakan netizen Indonesia adalah mengenai Naruto meninggal dunia. Di manga Boruto chapter 51 yang terbit 20 Oktober, akhir manganya membuat terkejut siapa pun yang membacanya.

Dalam pertempuran melawan Isshiki Otsutsuki, Naruto mengorbankan nyawanya demi Boruto dan Sasuke. Naruto tak ingin putranya memegang tanggung jawab dengan mengeluarkan karma milik Momoshiki yang membahayakan nyawanya.

Naruto pun mempertaruhkan nyawanya demi menyelamatkan orang yang dicintainya. Ia membuka kekuataan terbaru, tapi gara-gara hal tersebut banyak pembaca yang mengira ia mati.

Tagar Naruto meninggal sampai Hinata janda pun bertebaran di timeline Twitter Indonesia. Nama Naruto Uzumaki pun berada di posisi pertama dalam pencarian Google selama beberapa hari belakangan.

3. Jiraiya Muncul Lagi

Momen terviral lainnya ada di manga Boruto 47. Saat itu guru Naruto yang bernama Jiraiya muncul lagi dan ditulis oleh Ukyo Kodachi.

Gara-gara Jiraiya muncul lagi, fans Naruto dan Boruto marah. Mereka kesal karena sosok Jiraiya yang diagung-agungkan justru karakternya dikembangkan menjadi manusia buatan atau kloning.

Padahal kematian Jiraiya mengharu biru dalam manga Naruto dan versi anime. Hal itu yang membuat para pembaca setia marah dan kesal dengan keputusan Ukyo Kodachi.



Simak Video "Masashi Kishimoto Ambil Alih Manga Boruto"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)