Ada Bu Susi dan 120 Narasumber Lainnya Gabung di Festival KEMBALI20

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 20 Okt 2020 13:24 WIB
Festival KEMBALI2020 di Ubud Digelar 29 Oktober-8 November 2020
KEMBALI20 digelar pada 29 Oktober-8 November 2020 Foto: Anggara Mahendra/ Yayasan Mudra Saraswati
Jakarta -

Festival KEMBALI20 yang diselenggarakan oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati tetap menggelar acara di masa pandemi COVID-19. Bertajuk KEMBALI 2020: A Rebuild Bali Festival (KEMBALI20), festival menggabungkan antara perayaan sastra, seni, budaya, dan kuliner.

Dibuka pada 29 Oktober sampai 8 November, ada 120 penulis, seniman, jurnalis, petani, chef hingga pegiat seni lainnya yang bergabung dalam acara. Tak sekadar festival, penyelenggara KEMBALI20 kembali mengumumkan puluhan acara digital lainnya.

Ada teater kuliner, pertunjukan musik dan seni, dan pemutaran film yang dijadwalkan. Pendiri dan Direktur KEMBALI20, Janet DeNeefe, mengatakan KEMBALI20 memberikan kesempatan kepada siapapun dari mana pun untuk menikmati Bali dengan cara berbeda.

"Kami ingin orang-orang melihat Bali dalam bentuk aslinya. Dari komunitas, alam, dan budaya otentik yang kerap tidak tersorot oleh publik, kami membagikan yang terbaik dari Bali," tutur Janet, dalam siaran pers yang diterima detikcom, Selasa (20/10/2020).

Ada Teater Kuliner yang dihadirkan secara berbeda dengan narasumber Susi Pudjiastuti yang akan masak bersama chef Bart van Olphen. Keduanya bakal menyiapkan hidangan Timur Tengah, Chraime, dan tantangan memasak virtual lainnya.

Kaka Slank juga akan memasak virtual bersama chef Aga Alvian. KEMBALI20 juga menghadirkan antropolog Dewa Ayu Eka Putri yang merespon puisi Namaku Sita dalam penghormatan bagi almarhum penyair dan penulis Sapardi Djoko Damono.

Acara poetry slam, teater eksperimental, dan tarian dari komunitas Seni Napak Tuju, pembacaan buku Fall Baby (Kekasih Musim Gugur) oleh Laksmi Pamuntjak.

Kemudian ada pertunjukan yang menghadirkan Sun Eater, lima musisi Indonesia paling menarik yang terdiri dari .Feast, Hindia, Agatha Pricilla, Aldrian Risjad, dan Mothern yang menjadi bagian dari Antologi Matahari.

Festival KEMBALI2020 di Ubud Digelar 29 Oktober-8 November 2020Festival KEMBALI2020 di Ubud Digelar 29 Oktober-8 November 2020 Foto: Anggara Mahendra/ Yayasan Mudra Saraswati

Di acara pemutaran film ada Our Mother's Land, sebuah film dokumenter yang mengikuti perjalanan jurnalis Febriana Firdaus dalam menyoroti para perempuan Indonesia yang bangkit untuk memimpin gerakan sosial.

Film dokumenter Stories from the Field juga ditayangkan kreasi dari videografer asal Bali Wayan Martino. Penikmat film juga akan diajak mengenal pertanian dan proses pengolahan biji kopi di Kintamani milik I Wayan Arca Bertayasa yang berdiri sejak 1980.

Serta menelusuri pertanian vanili di Bangli bersama petani sekaligus pembuat film Dwita J Ariana. Dokumenter Stories from the Field ini akan ditayangkan perdana ke publik pada Sabtu (07/11/2020) dan Minggu (08/11/2020).

"Dari tahun pertama adanya Festival yang digelar oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati, semua prakarsa kami didedikasikan untuk komunitas kami dan kami pun melakukannya kembali tahun ini," pungkas Janet.



Simak Video "Dwi Andhika Optimistis Tahun 2022 Bakal Banyak Kejutan Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)