detikHot

book

Soal Felix Siauw, Komite Buku Nasional Imbau IIBF Lebih Bijak Pilih Narasumber

Jumat, 06 Sep 2019 12:37 WIB Tia Agnes - detikHot
Halaman 1 dari 2
Soal Felix Siauw, Komite Buku Nasional Imbau IIBF Lebih Bijak Pilih Narasumber Foto: Tia/detikHOT
Jakarta - Kehadiran Ustaz Felix Siauw di hari pertama Indonesia International Book Fair (IIBF) 2019 memicu kontroversi. Bermula dari kritikan sastrawan Goenawan Mohamad di Twitter, kini pihak Komite Buku Nasional turut merespons.

Ketua Komite Buku Nasional, Laura Bangun Prinsloo, menuturkan pihak KBN menyayangkan keputusan pihak IIBF untuk mengundang Felix Siauw.



"Kami dari KBN menyayangkan keputusan pihak IIBF untuk memberikan tempat bagi sejumlah pihak yang secara terbuka berafiliasi dengan organisasi-organisasi yang mengancam identitas Indonesia sebagai negara Pancasila, untuk menjadi narasumber, yaitu dalam hal ini Felix Siauw," tutur Laura ketika dihubungi, Jumat (6/9/2019).

Menurutnya, kritikan GM seharusnya bisa menjadi pelajaran bagi semua pegiat literasi untuk lebih bijak memilih narasumber. "Sehingga kegiatan literasi tidak menjadi panggung yang bisa mengancam kedaulatan NKRI. Kami berharap pihak panitia IIBF bisa memberikan tanggapan terkait peristiwa keberadaan Felix Siauw di acara tersebut," kata Laura. (tia/nu2)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com