DetikHot

book

Cerita Okky Madasari Selesaikan Novel Anak saat Residensi di Iowa

Selasa, 27 Nov 2018 12:38 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Cerita Okky Madasari Selesaikan Novel Anak saat Residensi di Iowa Cerita Okky Madasari Selesaikan Novel Anak saat Residensi di Iowa Foto: Asep Syaifullah/ detikHOT
Jakarta - Setiap tahun Universitas Iowa mengundang penulis dari berbagai negara untuk mengikuti program residensi penulis. Okky Madasari pun salah satu penulis yang diundang ke Iowa, Amerika Serikat, tahun lalu.

Saat berada di Iowa, Okky menyelesaikan novel pertama seri 'Mata' di sana. Selama 3 bulan, ia berkesempatan residensi dan bertemu dengan berbagai penulis yang mengikuti residensi.

"Saya tulis 'Mata di Tanah Melus' dan menyelesaikannya saat residensi 3 bulan di Iowa. Buku anak pertama, saya nulisnya agak struggle," ujarnya kepada detikHOT saat ditemui di kantor kawasan Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.



Saat menulis 'Mata di Tanah Melus', Okky mengakui butuh waktu lalu untuk mencari formula yang pas bagi novel anak. Dia pun susah payah menggarap seri 'Mata' pertamanya tersebut.

Cerita Okky Madasari Selesaikan Novel Anak saat Residensi di IowaCerita Okky Madasari Selesaikan Novel Anak saat Residensi di Iowa Foto: Istimewa


"Akhirnya saya selesaikan di Iowa dan menemukan otentitas, nggak lagi berpikir harus begini atau begitu. Tapi sekarang sudah mengalir, karena idenya sudah di kepala saya," lanjutnya lagi.

Setelah residensi ke Iowa, Okky pun menyambangi Singapura untuk residensi di sana dan bertemu dengan mahasiswa sastra di Singapura.



Setelah 'Mata di Tanah Melus' dan 'Mata dan Rahasia Pulau Gapi', Okky merencanakan novel anak ketiganya terbit pada Juni 2019.

"Penginnya Juni, kemungkinan sebelum liburan. Lalu buku keempat pas sebelum akhir tahun, jelang momen liburan anak sekolah," pungkasnya.


(tia/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed