Indonesia Art Festival 2022 Digelar Lagi Usai Absen karena Pandemi

ADVERTISEMENT

Indonesia Art Festival 2022 Digelar Lagi Usai Absen karena Pandemi

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 11 Nov 2022 16:40 WIB
Indonesia Art Festival 2022
Indonesia Art Festival 2022 siap digelar lagi tahun ini. Foto: Istimewa
Jakarta -

Gelaran akbar Indonesia Art Festival 2022 siap digelar lagi tahun ini. Setelah absen selama 3 tahun lamanya karena pandemi COVID-19, festival yang menampilkan pameran lukis, karya seni instalasi sampai ajang temunya para pencinta seni bakal berlangsung pada 10-24 November 2022 di Grand ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Festival yang melibatkan para seniman dari Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Bali itu diinisiasi oleh Perkumpulan Seniman Nasional Indonesia (PESONA).

"Kami mencoba untuk melanjutkan kesuksesan Indonesia Art Festival yang pertama di 2019 yang berhasil menyedot sampai ribuan pengunjung," kata Karya Indah selaku pembina PESONA saat pembukaan pameran.

Indonesia Art Festival 2022 merupakan bentuk apresiasi terhadap hasil karya kreativitas seniman di Tanah Air. Menurut penuturan Karya Indah, ajang ini merupakan pertemuan para pegiat dan pencinta seni di Indonesia.

"Festival ini dibuat bertujuan untuk membangkitkan kembali ekonomi kreatif dan seni budaya di Indonesia," sambung Karya Indah.

Indonesia Art Festival 2022Indonesia Art Festival 2022 Foto: Istimewa

Tahun ini, lanjut dia, juga menjadi momentum bagi kebangkitan seni rupa Indonesia yang sempat 'mati suri' akibat pandemi COVID-19.

"Kami sangat optimis akan pulihnya perekonomian, destinasi wisata, dan hadirnya ide-ide kreatif yang akan membangkitkan kembali seni budaya Indonesia. Hal ini tentu saja harus didukung penuh oleh seluruh pihak termasuk pemerintah," katanya.

Melalui Indonesia Art Festival, dia berharap festival serupa dapat memberikan peluang bagi para seniman untuk memamerkan karya-karyanya.

"Kami juga ingin memberikan edukasi kepada para generasi penerus bangsa dan masyarakat pada umumnya, serta para pemerhati dan pencinta seni tentang kesenian dan kebudayaan Indonesia yang selalu menarik perhatian mata dunia," pungkasnya.

Festival ini menghadirkan berbagai lukisan dan patung beraliran realis dan abstrak. Serta berbagai kegiatan seperti workshop seni lukis, pelatihan membatik, karnaval budaya hingga melukis on the spot.



Simak Video "Potret Malam Affandi, Pameran 32 Tahun Kematian Sang Maestro Lukis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT