ADVERTISEMENT

Clue Bjorka Beredar, Komentar Netizen +62 Banyak Benarnya

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 15 Sep 2022 18:20 WIB
Komik Bjorka Karya Komikus Haryadhi/ Kostumkomik
Komikus Haryadhi turut menyentil hacker Bjorka lewat komik yang diciptakannya. Foto: Kostumkomik/ Instagram
Jakarta -

Komikus Haryadhi yang membuat akun Instagram @kostumkomik turut menyentil isu hacker Bjorka. Nama Bjorka memang tengah heboh dibicarakan belakangan ini.

Bjorka menggegerkan publik setelah mengklaim mengantongi data pelanggan IndiHome, registrasi SIM Card Prabayar, data KPU, dokumen rahasia presiden RI hingga data pribadi Menkominfo, Johnny G Plate.

Netizen +62 pun heboh membicarakannya di jagat maya apalagi ketika nama Bjorka muncul di tengah remisi 10 koruptor sampai harga BBM yang naik sampai memicu demonstrasi mahasiswa selama beberapa hari ini.

Komentar netizen Indonesia muncul di komentar akun Instagram @kostumkomik yang dibuat oleh Haryadhi. Ada yang menyebut kata 'Pengangguran', 'Permainan', 'Pengalihan', 'Pemerintahan' sampai 'Perhatian'.

"Pengalihan isu fs ini mah..masa gitu doank..harusny yg dibocorin transfern 2 uang pejabat2..bocorin data PPATK ap itu..yg tau lalulintas uang," ungkap @aldiyano***.

"Pengabdi puan," balas lainnya.

"Peretas kalo bisa jangan melakukan penyerangan," timpal @faqihandeskorzuba***.

"Pengalihan, BTW kasus pelangi gimana ya ? Kok nggak ada keputusan dihukum gimananya ?," balas lainnya.

Kepada detikcom, Haryadhi menuturkan sengaja membuat komik yang membuat netizen penasaran dengan teka-teki huruf awalan P dan akhiran N.

[Gambas:Instagram]



"Saya hanya menemukan sebuah kebetulan yang unik saja, sih. Bahwa dengan bermodalkan huruf depan 'P' dan huruf akhir 'N', banyak dugaan terkait Bjorka bisa disampaikan," kata Haryadhi, ketika dihubungi detikcom.

Seperti 'P-eretas internasional benera-N' , 'P-ansos demi dianggap pahlawa-N', kata 'P-engaliha-N' sampai 'P-ria asal cirebo-N'.

"dari komik itu pun banyak warganet menanggapi dengan banyak kemungkinan jawaban lain yang tidak kalah lucu, seperti 'P-eretas kalau bisa jangan melakukan penyeranga-N' yang diambil dari reaksi orang kominfo saat terjadi penyerangan peretas," sambungnya.

Haryadhi menegaskan ada banyak kemungkinan dari kasus Bjorka yang dibicarakan di tengah harga BBM melambung hingga pengusutan Ferdy Sambo.

"Saya pribadi bersikap terbuka juga dengan kemungkinan ini, makanya di komik saya, saya masukkan tulisan 'PENGALIHAN' sebagai salah satu kemungkinan jawaban teka-teki-nya," pungkasnya.



Simak Video "5 Hacker Berbahaya di Dunia, Siapa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT