ADVERTISEMENT

Hacker Bjorka Jadi Teka-teki, Inikah Clue-nya?

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 15 Sep 2022 16:21 WIB
Komik Bjorka Karya Komikus Haryadhi/ Kostumkomik
Haryadhi menyentil kasus hacker Bjorka dengan membuat komik yang diunggah ke akun @kostumkomik. Foto: Kostumkomik/ Instagram
Jakarta -

Identitas mengenai hacker Bjorka tengah heboh dibicarakan sejak pagi tadi. Ada yang bilang seorang pria asal Cirebon namun ada juga dari Madiun, Jawa Timur.

Nama Bjorka memang tengah naik daun dan menggegerkan publik setelah mengklaim mengantongi data pelanggan IndiHome, registrasi SIM Card Prabayar, data KPU, dokumen rahasia presiden RI hingga data pribadi Menkominfo Johnny G Plate.

Netizen +62 pun heboh membicarakannya di jagat maya apalagi ketika nama Bjorka muncul di tengah remisi 10 koruptor sampai harga BBM yang naik sampai memicu demonstrasi mahasiswa selama beberapa hari ini.

Salah satu komikus ternama Indonesia, Haryadhi, yang membuat akun @kostumkomik di Instagram turut mengomentari kasus hacker Bjorka. Dia mengaku membuat komik khusus Bjorka karena tengah fenomenal.

"Saya sempat melihat komentar-komentar dari warganet di media sosial soal Bjorka. Banyak dari mereka yang berspekulasi bahwa ini semua kemungkinan hanyalah sebuah pengalihan di tengah kasus Sambo dan kenaikan BBM," tutur Haryadhi ketika dihubungi detikcom.

Menurut penuturannya, dia bersikap terbuka dengan segala kemungkinan yang dilontarkan oleh netizen Indonesia.

"Saya pribadi bersikap terbuka juga dengan kemungkinan ini, makanya di komik saya, saya memasukkan tulisan 'Pengalihan' sebagai salah satu kemungkinan jawaban teka-tekinya," kata Haryadhi.

Dalam komik yang diunggah Haryadhi lewat akun Instagram @kostumkomik sekitar 20 jam yang lalu, dia memberikan judul komiknya 'Ada teka-teki nih, clue-nya foto Bjorka, Tapi diisi apa yah'.

Karakter dalam komik Haryadhi memberikan clue huruf pertamanya adalah P dan diakhiri dengan huruf N. Dia membuat empat kolom yang bisa diisi, mulai dari Peretas Internasional Beneran, Pansos Biar Dianggap Pahlawan, Pengalihan sampai Pria Asal Cirebon.

Bahkan ketika muncul dugaan seorang pria asal Madiun sebagai hacker Bjorka, sembari berkelakar Haryadhi mengatakan teka-tekinya pas sekali.

"Lagi-lagi bisa dicocokan dengan awalan P dan akhiran N. P-emuda asal Madiu-N," kata Haryadhi.

Setelah tidak aktif di Twitter dan Telegram, Bjorka kini kembali lagi ke dunia maya. Dia melempar bola panas. Bjorka bilang Presiden Jokowi akan mengganti Menkominfo, Johnny G Plate.

Jika itu terjadi, Bjorka akan memuji langkah presiden. Menurut dia menteri komunikasi dan informatika harus orang yang paham teknologi, bukan dari partai, politisi atau militer.

"Excellent, Mr President. Pastikan penggantinya orang yang paham teknologi, bukan idiot dari partai, politisi atau angkatan bersenjata. Karena semua itu akan sia-sia," cuit Bjorka.

Sebelumnya, hacker Bjorka aktif kembali pada Kamis pagi ini. Tidak hanya di Telegram, dia juga bersuara di forum Breached. Pertama-tama, ia menyinggung kabar bahwa pemerintah Indonesia telah mengidentifikasinya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "5 Hacker Berbahaya di Dunia, Siapa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT