ADVERTISEMENT

Bjorka Diduga dari Cirebon, Gump n Hell Bilang Begini

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 15 Sep 2022 12:07 WIB
Komik Bjorka Karya Gump n Hell
Foto: Courstesy of Gump n Hell
Jakarta -

Hacker Bjorka kembali heboh dibicarakan sejak tadi pagi. Identitasnya diungkapkan oleh Menko Polhukam Mahfud Md yang menyebutkan sudah teridentifikasi meski belum bisa diumumkan.

Tapi nama Muhammad Said Fikriansyah asal Cirebon juga terungkap. Ada juga seorang pemuda asal Madiun yang dikabarkan diamankan dan diduga sebagai seorang hacker Bjorka.

Sebelum terungkap mengenai hacker Bjorka, komikus Gump n Hell yang membuat komik tentang Bjorka sempat mengatakan hal ini kepada detikcom.

"Isu Bjorka ini banyak yang nyenggol juga di DM saya. Banyak yang minta angkat dong, karena ini sudah lama yah sebenarnya (teori konspirasi ini)," kata Errik Irawan saat dihubungi detikcom, belum lama ini.

Pembahasan mengenai hacker Bjorka yang muncul ke media-media, lanjut Errik, dilempar menjadi 'satu bundel'.

"Nggak sekadar teori konspirasi, ada banyak orang yang kasih alternatif pandangan gara-gara isu hacker ini," sambungnya.

Menariknya, di panel berikutnya ada sosok yang digambarkan berbentuk seperti badut dan membawa toa. Karakter itu mengomentari isu Bjorka secara natural dan agar masyarakat percaya.

"Dan nggak semua pejabat tau agar responsnya natural. Makanya si badut Gerard nggak dipecat presiden. Kebegoannya natral dan itu sangat membantu," tulis Gump n Hell.

Errik mengaku di panel terakhir komiknya memang sengaja mengejek KOMINFO. Dia menggambarkannya sebagai badut dan gambar itu sebenarnya sudah tersebar di dunia maya dan banyak orang yang membuat kaosnya.

"Saya hanya modifikasi dan merangkai alurnya saja," tegasnya lagi.

Bjorka menggegerkan publik setelah mengklaim telah mengantongi data pelanggan IndiHome, registrasi SIM Card Prabayar, data KPU, dokumen rahasia presiden RI, hingga data pribadi Menkominfo Johnny G Plate.

Aksi tersebut kemudian mengundang berbagai pertanyaan, salah satunya terkait dalang di balik Bjorka. Jagat maya kembali riuh setelah akun Instagram @volt_anonym menyebut Muhammad Said Fikriansyah sebagai peretas bernama Bjorka.

Pria yang akrab dipanggil Said ini diketahui merupakan warga Desa Klayan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Saat ditemui tim detikJabar, pemuda 17 tahun ini membantah tuduhan jika dirinya adalah pemeran di balik Bjorka.



Simak Video "5 Hacker Berbahaya di Dunia, Siapa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT