Heboh Hacker Bjorka, Benarkah Orang Dalam?

ADVERTISEMENT

Heboh Hacker Bjorka, Benarkah Orang Dalam?

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 14 Sep 2022 14:24 WIB
Komik Bjorka Karya Gump n Hell
Komik Gump n Hell turut menyentil isu hacker Bjorka lewat unggahan terbarunya di Instagram. Foto: Courstey of Gump n Hell
Jakarta -

Selama dua pekan terakhir, hacker Bjorka tengah heboh dibicarakan di jagat maya Indonesia. Identitas Bjorka di bio akun Twitter yang hanya dituliskan berasal dari Polandia itu membongkar satu per satu kasus dan nama-nama besar Tanah Air.

Merespons hebohnya Bjorka, komikus Gump n Hell, Errik Irawan, tak ingin ketinggalan mengkritik terkait peristiwa tersebut. Dia membuat sejumlah panel halaman komik tentang siapakah Bjorka yang sebenarnya.

Unggahan terbaru yang diposting kemarin itu hanya menerangkan keterangan sebagai 'Info orang dalam' dan menyebut akun resmi BIN Indonesia.

Di panel pertama, karakter yang dibuat Errik sedang mengobrol tentang identitas Bjorka. "Bjorka sebenarnya agen BIN yang ditugaskan di Suriname," ucap karakter dalam panel tersebut.

"Tugas utamanya sebenarnya memantau gerakan separatis Jawa Merdeka yang bercita-cita membentuk imperium Jawa sejagat," sambungnya dengan dilatari gambar 'Front Blankon' dan 'Jawa Cahaya Dunia'.

"Namun sekarang dapat tugas khusus memecah konsentrasi rakyat dari isu kenaikan BBM dan harga-harga serta kasus-kasus hukum," lanjutnya lagi. Dalam panel ketiga ada gambar demonstrasi masyarakat besar-besaran tentang harga BBM yang naik dan untuk menyetop IKN.

Dalam panel keempat, Errik menggambarkan sosok yang mengenakan jaket bertuliskan hacker. Caranya yang dilakukan hacker tersebut adalah membocorkan data-data pribadi yang sebenarnya disuplai dari BIN yang dibantu Intelkom dan Mossad.

"Tentu datanya sudah dipilah yang nggak berisiko tinggi. Misal, data 9 Naga nggak ada kan?" tulis Errik.

Gara-gara data pribadi yang bocor tersebut, para tokoh dan lembaga negara ikut disinggung dan merespons Bjorka. "Sehingga engagement isu ini akan tinggi. Ini plot operasi intelijen tingkat tinggi," sambung Gump n Hell.

Menariknya, di panel berikutnya ada sosok yang digambarkan berbentuk seperti badut dan membawa toa. Karakter itu mengomentari isu Bjorka secara natural dan agar masyarakat percaya.

Di kolom komentar netizen mengomentari isu hacker Bjorka yang dibuat oleh Errik. Banyak yang menyentil sosok Bjorka seperti Anya Porger. Tapi ada juga sentilan menohok lainnya.

"G tau yg bagian yg lainnya krn kurang update, tp amat sangat setuju sama slide terakhir. Begonya tu natural banget," tulis 2adityad*****.

"Anya when life is not waku-waku anymore," timpal lainnya.

"Satir apa beneran bung? Kok gw percaya ya," balas @adri****.

Bagaimana tanggapan komikus Gump n Hell? Baca di halaman berikutnya ya.]



Simak Video "5 Hacker Berbahaya di Dunia, Siapa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT