ADVERTISEMENT

Andy Warhol Mau Terkenal Seperti Ratu Elizabeth II, Bikin Lukisan Rp 6 M

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 09 Sep 2022 19:05 WIB
Andy Warhol Buat Lukisan Potret Ratu Elizabeth II
Andy Warhol pernah membuat lukisan tentang Ratu Elizabeth II pada 1985 yang kini terjual sekitar Rp 6 miliar. Foto: Phillips Auction/ Istimewa
Jakarta -

Sejumlah seniman dunia pernah melukis Ratu Elizabeth II semasa hidupnya. Sosok Ratu Inggris yang memerintah negaranya selama 70 tahun itu diketahui mampu berpegang teguh pada monarki yang ada.

Dalam karier berkaryanya, Andy Warhol pernah membuat serangkaian seri dari sosok Ratu Elizabeth II. Pada 1985, dia mengaku tergila-gila akan Ratu Elizabeth II.

Ratu abadi dalam berbagai karya seni artistik yang diciptakannya. Dia mampu mengubahnya menjadi seorang seleb dan inspirator.

Dalam seri Reigning Queens yang dibuat Andy Warhol, ia menampilkan potret ratu dalam empat sosok. Ada Ratu Elizabeth dari Inggris, Ratu Beatrix dari Belanda, Ratu Margaretha II dari Denmark sampai Ratu Ntombi Twala asal Swaziland.

Khusus untuk Ratu Elizabeth II, dia menggunakan foto sang ratu yang diambil dalam Silver Jubilee di tahun 1977. Warhol memecah citra Ratu Elizabeth II dengan bentuk overlay dan menyesuaikan wajah dengan garis-ggaris grafis.

Dia juga menggunakan teknik sablon seperti yang menjadi ciri khasnya. Dalam sebuah wawancara, Andy Warhol mengatakan ratu berada dalam puncak tatanan kekuasaan sosial namun menerima perlakuan yang sama seperti perempuan lain.

"Di sini (Amerika Serikat) tidak ada orang peduli dengan kehidupan monarki dan itu menjadi sebuah ulasan yang buruk. Saya benar-benar menyukai sosoknya," kata Andy Warhol.

"Bahkan saya mau sama seterkenalnya dengan Ratu Elizabeth II," sambungnya lagi.

Sayangnya, saat itu Andy Warhol belum sesukses sekarang. Pada 2012, Royal Collection Inggris memberikan tempat yang khusus tentang 4 potret sang ratu yang diciptakan Warhol.

Awal Januari 2022, Balai Lelang Phillips melukis salah satu seri dari potret Ratu Elizabeth II yang diciptakan Warhol pada 1985 dengan angka penjualan sebesar Rp 6 miliar.



Simak Video "Penerbangan Terakhir Ratu Elizabeth II Paling Banyak Dilacak dalam Sejarah"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT