Beban Sejarah di Balik Gelar Raja Charles III

ADVERTISEMENT

Beban Sejarah di Balik Gelar Raja Charles III

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 09 Sep 2022 10:48 WIB
Pangeran Charles
Foto: Instagram @clarencehouse
Jakarta -

Setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia, putra sulungnya, Charles, resmi naik takhta. Ia memilih Raja Charles III sebagai gelarnya.

Raja Charles III diperbolehkan untuk menggunakan nama yang berbeda dengan nama aslinya, dan awalnya disebut mempertimbangkan untuk memilih nama George VII, setelah kakeknya. Hal tersebut dikarenakan warisan kontroversial dari pendahulunya, Charles I dan II.

Raja Charles I memerintah dari tahun 1625 hingga 1649. Ia adalah salah satu raja yang paling terkenal di Inggris.

Dikutip dari Telegraph, ahli sejarah baru-baru ini disebut berusaha melunakkan citranya sebagai pemimpin otoriter yang bermaksud merusak Parlemen. Pemerintahannya memicu Perang Sipil Inggris sebelum akhirnya dieksekusi karena pengkhianatan.

Selama pemerintahannya, Inggris, Skotlandia, dan Irlandia terbelah karena perselisihan agama. Sementara Charles I sendiri terus bersikeras untuk memerintah. Ditambah lagi dengan pernikahan Charles I dengan seorang Katolik Prancis dan kecenderungannya pada Katolik yang pada akhirnya membuat marah anggota parlemen.

Di sisi lain, Charles II diminta untuk memulihkan monarki pada 1660 setelah 11 tahun persemakmuran dan mengejar toleransi politik dan beragama. Namun, seperti sang ayah, ia memiliki kecenderungan Katolik yang berbeda dari para rakyatnya yang sangat Protestan.

Ia berselisih dengan Parlemen dan membubarkannya pada 1681. Charles II memerintah tanpa parlemen hingga kematiannya empat tahun kemudian.

Kini, Charles Philip Arthur George memilih nama Raja Charles III. Pangeran William kini mendapatkan gelar Duke of Cornwall and Cambridge sementara Kate Middleton akan mendapatkan gelar Duchess of Cornwall and Cambridge.

Pada tahap tertentu, mereka juga akan dikenal sebagai Pangeran dan Putri Wales tetapi gelar tersebut tidak diberikan secara otomatis. Gelar tersebut harus dianugerahkan oleh sang ayah.

Pangeran William juga mewarisi gelar Skotlandia Duke of Rothesay, Earl of Carrick, Baron of Renfrew, Lord of the Isles, dan Prince and Great Steward of Scotland.

Duchess of Cornwall and Cambridge yang baru nantinya juga bisa dikenal sebagai Putri Wales. Kate Middleton akan menjadi orang pertama yang menggunakan gelar tersebut sejak mendiang ibu mertuanya, Diana, yang dikenal sebagai Putri Wales.

Simak Video 'Kenali Sejarah Kerajaan Inggris dan Penguasa Pertamanya':

[Gambas:Video 20detik]



(dal/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT