Dua Sketcher Pajang Karya di KamiSketsa Galeri Nasional Indonesia

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 02 Jun 2022 19:04 WIB
Galeri Nasional Indonesia
KamiSketsa GalNas kembali digelar ketiga kalinya mulai 2 Juni 2022. Foto: Istimewa
Jakarta -

Galeri Nasional Indonesia kembali memajang karyanya dalam program KamiSketsa. Dibuka pada 2 Juni, Bilik KamiSketsa GalNas mempersembahkan pameran berjudul Rekonstruksi Kontrol Motorik.

Pameran seni ini dikuratori oleh Teguh Margono dan Zamrud Setya Negara, serta Wahyu Suherman sebagai co-kurator. Pada putaran ketiga, eksibisi memamerkan karya sketsa dari Anjar Oki Wibowo dan Annissa Fadillah.

Mereka mengangkat fauna sebagai objek utamanya, disandingkan dengan dekorasi ruang yang menambahkan esensi dari ekosistem alami.

Sketsa-sketsa yang dihadirkan oleh Annissa dan Anjar akan menyuguhkan gestur, anatomi, karakter, dan pola hidup binatang. Tentunya dari masing-masing sketsa akan menghadirkan tarikan garis dari masing-masing sketser.

Misalnya saja, Annissa yang mencoba menuangkan pengalamannya untuk berinteraksi dengan fauna dan dapat membawa ketenangan sekaligus adrenalin. Sementara untuk Anjar, mengamati binatang dan seluruh tingkah lakunya memberikan kesadaran atas hak bagi mereka untuk hidup bebas dalam ekosistem mereka.

"Pajang Karya kali ini ingin menunjukkan keberagaman makhluk hidup yang hidup berdampingan, saling berkelindan, sekaligus mencontohkan bagaimana karya memerlukan ruang dan apresiator untuk memastikan penyampaian rasa para seniman dapat terwujud," ucap kurator Teguh Margono.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto menatakan KamiSKetsa ketiga kali ini diselenggarakan bertepatan dengan relaksasi aturan PPKM yang mencapai level satu.

"Kondisi pandemi yang kian membaik, kesempatan untuk melakukan apresiasi terhadap kegiatan Pajang Karya makin besar," ungkapnya.

"Harapan kami semoga pameran ini dapat diapresiasi oleh pegiat sketsa ataupun publik umum," sambung Pustanto.

KamiSketsa GalNas merupakan sebuah program bimbingan edukasi yang dikemas dalam bentuk workshop, yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia sejak 12 Oktober 2017 bertepatan dengan Hari Nasional Museum Indonesia.

Sebelum pandemi COVID-19, workshop KamiSketsa GalNas digelar setiap Kamis mulai pukul 09.00-15.00 WIB di Galeri Nasional Indonesia. Selama pandemi pula, kegiatan KamiSketsa GalNas dilaksanakan melalui media daring.



Simak Video "Teaser Album Solo J-Hope BTS 'Jack In the Box' yang Bikin Penasaran"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)