Galeri Nasional Indonesia Pajang 15 Karya Pilihan KamiSketsa

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 21 Apr 2022 11:05 WIB
KamiSketsa Galnas
Galeri Nasional Indonesia kembali menggelar pameran seni KamiSketsa mulai 21 April 2022. Foto: Galeri Nasional Indonesia/ Istimewa
Jakarta -

Galeri Nasional Indonesia kembali menggelar pameran seni KamiSketsa mulai 21 April sampai 26 Mei 2022. Eksibisi kali ini bertajuk Gestur dan Ruang yang dikuratori oleh Teguh Margono dan Zamrud Setya Negara.

Lebih dari 15 karya pilihan dari anggota KamiSketsa yakni ciptaan Kedsu (Usdeki) dan Cak Likin (Moch. Solihin) yang dipajang. Karya-karya itu dibuat sepanjang tahun ini.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto, mengatakan tema Gestur dan Ruang merupakan kelanjutan dari edisi pertama yang diapresiaasi dengan baik.

"Gestur dan Ruang menjadi tajuk Pajang Karya KamiSketsa GalNas putaran kedua, sebagai kelanjutan putaran pertama yang mendapatkan respons positif, baik dari para penggiat sketsa maupun masyarakat umum," katanya dalam keterangan yang diterima detikcom.

Kurator pameran Zamrud Setya dan Teguh mengatakan Gestur dan Ruang mempertemukan tarikan garis Kedsu yang lugas dan sederhana. Bersanding dengan sajian pembacaan ruang dan gerak bebas Cak Likin yang sarat dengan keberanian.

"Ketertarikan Kedsu terhadap figur manusia sebagai objek dan kepiawaiannya menangkap momen menjadi titik tolak yang sangat kuatnya merekam dan mentransfer ke dalam bidang sketsa," kata Zamrud.

Menurut Zamrud, ada kecendrungan dan ketertarikan terhadap gedung atau bangunan dilengkapi gerak dan aktivitas manusia ditampilkan Cak Likin secara lepas pada karya-karyanya.

KamiSketsa GalNas merupakan program bimbingan edukasi yang dikemas dalam bentuk workshop, yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia sejak 12 Oktober 2017 atau bertepatan dengan Hari Nasional Museum Indonesia.

Sebelum pandemi COVID-19, workshop KamiSketsa GalNas dilaksanakan setiap hari Kamis mulai pukul 09.00-15.00 WIB di Galeri Nasional Indonesia. Selama pandemi Covid-19, kegiatan KamiSketsa GalNas dilaksanakan melalui media daring.



Simak Video "Aktor Goodfellas Ray Liotta Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)