ADVERTISEMENT

7 Fakta Edhi Sunarso, Pematung Patung Pancoran hingga Misteri Relief Sarinah

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 21 Des 2021 13:37 WIB
Edhi Sunarso
Pematung Edhi Sunarso Foto: Komunitas Salihara

4. Banjir Penghargaan

Edhi Sunarso telah beberapa kali menerima penghargaan. Di antaranya adalah pada Lomba Seni Patung Internasional, di Inggris (1953), mendapat medali emas sebagai Karya Seni Patung Terbaik di India (1956-1957).

Maestro patung Edhi SoenarsoMaestro patung Edhi Soenarso Foto: Dokumen Kemendikbud

Lalu ada Piagam seni (1984), Piagam seni untuk karya monumental di Yogyakarta (1996), Bintang Budaya Parama Dharma, (2003), dan Empu Ageng Seni Patung oleh ISI Yogyakarta (2010).

5. Pematung Ikon Sejarah

Sejumlah patung buatan Edhi Sunarso disebut sebagai penanda sejarah atau ikon yang mampu mendunia. Ada patung apa saja?

Seperti Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia (Jakarta), Patung Dirgantara di Pancoran (Jakarta), Patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng (Jakarta), Monumen Tugu Muda (Semarang), Patung Jenderal Ahmad Yani (Bandung), Patung Jenderal Gatot Subroto (Surakarta), Patung Pahlawan Samudera Yos Sudarso (Surabaya), dan juga patung/monumen ikonik lainnya.

6. Pelopor Seni Patung Modern Indonesia

Tak hanya dijuluki sebagai maestro saja, namun Edhi Sunarso juga dikenal pelopor seni patung modern Indonesia. Pada masanya, ia mampu berinovasi membuat patung dari bahan logam, mengingat saat itu patung masih terbuat dari batu dan kayu.

7. Misteri Relief Sarinah

Saat gedung Sarinah di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, dipugar, muncul kembali relief Sarinah yang menjadi perdebatan. Pematung asal Yogyakarta itu diyakini sebagai pembuat relief. Hal itu diungkap oleh empu seni rupa ISI Solo, Bonyong Munni Ardhi.

Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi penemuan relief di gedung Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Relief tersebut akan direstorasi dan dipamerkan kepada publik saat pemugaran gedung Sarinah rampung. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi penemuan relief di gedung Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Relief tersebut akan direstorasi dan dipamerkan kepada publik saat pemugaran gedung Sarinah rampung. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj. Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

"Setelah beliau meninggal sekitar empat tahun lalu, saya sudah dengar soal karya beliau di Sarinah itu, makanya kemarin baru ramai itu saya nggak heran. Tapi itu bukan hanya Pak Edhi, itu kelompoknya," kata Bonyong saat dihubungi detikcom.

Meski begitu, putra ketiga almarhum Edhi Sunarso belum meyakini jika patung itu adalah karya bapaknya. "Tapi menurut cerita teman-teman dan mantan staf almarhum Bapak, (relief Sarinah) itu segaris dengan pembuatan patung HI," terangnya.



Simak Video "Keren! 3 Seniman Video Mapping Indonesia Lolos Tokyo Light Festival"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT