ADVERTISEMENT

Patung-patung Ikon Kota Jakarta

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 21 Jul 2017 13:30 WIB
Foto: Dok. Rudy Sunandar (Instagram @ryu_rudy)
Jakarta - Berbicara tentang Jakarta tak bisa terlepas dari ikon-ikon yang menghiasi setiap sudut kota. Ikon tersebut kerap muncul di adegan sinetron maupun film-film Tanah Air.

Patung-patung yang ada di Ibu Kota pun tidak terlepas dari sebutan ikon Jakarta. Sebut saja seperti Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Patung Pahlawan, Patung Pemuda Membangun, Patung Tugu Tani hingga Patung Dirgantara yang baru-baru ini viral karena akhirnya publik bisa melihat wajah patung tersebut.

Presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno dikenal sebagai kolektor, pecinta seni, sahabat bagi seniman Tanah Air sekaligus perancang tata kota. Proklamator itu pula yang mengagas ide tentang ikon-ikon Ibu Kota.


Patung-patung Ikon Kota JakartaPatung-patung Ikon Kota Jakarta Foto: Ari Saputra


"Awalnya Bung Karno mengagas ide soal patung Tugu Tani dari Ketua Perhimpunan Pematung Uni Soviet. Setelah itu baru mulai order patung memakai pematung lokal," tutur kurator sekaligus pengajar Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Kuss Indarto, kepada detikHOT, Jumat (21/7/2017).

Patung-patung monumental yang ada di Jakarta berada di ranah publik serta berskala besar. Sejarah mencatat patung tersebut dibuat di dekade 1960-an pasca Konferensi Asia Afrika.

Pematung Edhi Sunarso disebut sebagai sosok seniman di balik megahnya patung-patung tersebut. Dia menciptakan patung Bundaran Hotel Indonesia (HI), patung Pancoran hingga patung Pembebasan Irian Barat.

Kali ini, detikHOT akan membahas mengenai patung-patung yang menjadi ikon Ibu Kota. Simak artikel berikutnya!


(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT